JawaPos Radar

Boneka Maskot Asian Games Diproduksi di Malang

11/08/2018, 05:55 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Boneka Asian Games
PRODUKSI BONEKA: Boneka maskot Asian Games diproduksi di Malang. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tiga boneka yang melambangkan satwa asli Indonesia menjadi maskot Asian Games 2018. Adalah Bhin-bhin, Atung, dan Kaka. Sekadar informasi, Bhin-bhin merupakan burung Cenderawasih asal Papua. Atung merupakan rusa Bawean. Sedangkan Kaka adalah badak bercula satu.

Ternyata, ketiga boneka maskot tersebut diproduksi sebuah pabrik di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Nama perusahaannya Istana Boneka di Jalan Gotong-royong. Ribuan boneka telah dibuat dan dijual di beberapa gerai untuk memeriahkan multieven olahraga tingkat Asia yang mulai digeber 18 Agustus mendatang.

Pemilik Istana Boneka Susan Soewono mengatakan, pihaknya terlebih dahulu membuat desain gambar sebelum boneka maskot diproduksi. "Kami mendapat style guide dari panitia Asian Games. Kemudian kami proses ke bentuk 3D dan mengirim approval ke pihak Asian Games apakah sudah memenuhi standar," ujarnya ketika ditemui JawaPos.com, Jumat (10/8).

Boneka Asian Games
PRODUKSI BONEKA: Boneka maskot Asian Games diproduksi di Malang. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Ada warna dan ukuran tertentu dari boneka maskot yang ditetapkan panitia penyelenggara. "Panitia pemegang lisensi, hanya kirimi gambar berupa kertas. Kemudian kami jadikan boneka. Setelah di approve, baru kami produksi," jelasnya.

Saat ini, sudah ada ratusan boneka maskot dalam berbagai bentuk yang telah diproduksi. Mulai dari boneka ukuran besar, sedang, bulat, hingga gantungan kunci, tas, dan bando. "Ada puluhan jenis boneka maskot yang kami buat," imbuhnya.

Setiap hari, sebanyak 300 pekerja mampu menyelesaikan sekitar 3.000 boneka maskot. Meski perhelatan Asian Games tinggal sepekan lagi, namun produksi boneka masih terus dilakukan mengingat permintaan yang cukup tinggi.

Boneka-boneka tersebut kemudian didistribusikan ke PT Madona sebagai pemegang lisensi resmi. "Kami hanya mengirim ke sana (PT Madona)," ungkapnya.

Setiap hari, setidaknya ada 3.000 boneka maskot berbagai bentuk yang dikirimkan. Bahkan, ada boneka maskot yang ditempatkan di dalam Istana Negara.

Pengerjaan boneka maskot Asian Games 2018 sudah dilakukan sejak April lalu. Targetnya, produksi berhenti pada 20 Agustus mendatang. Hingga saat ini, boneka produksi Istana Boneka sudah tersebar di 40 outlet di seluruh Indonesia.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up