JawaPos Radar

Pilwakot Makassar

MK Tolak Permohonan Appi-Cicu, Kotak Kosong Menang

10/08/2018, 17:53 WIB | Editor: Imam Solehudin
Pilwakot Makassar
Ilustrasi. Mahkamah Konstitusi menolah permohonan sengekta hasil pemilihan yang diajukan paslon Appi-Cicu, dalam Pilwakot Makassar. (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pasangan Munafri Arifuddin dan Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dalam gugatan Pilkada 2018. Itu artinya, kotak kosong tetap menang dari pasangan tersebut.

"Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan a quo," demikian sebagaimana dikutip situs resmi MK, Jumat (10/8).

Perolehan suara Appi-Cicu dalam Pilwalkot Makassar mendapat 264.245 suara. Sedangkan perolehan suara yang 'tidak setuju' (kotak kosong) adalah 300.795 suara.

Sehingga perbedaan perolehan suara antara pemohon dengan suara kotak kosong adalah 36.550 suara. Tidak memenuhi syarat yang ditetapkan MK.

Dalam aturan, maksimal perbedaan suara adalah 0,5 persen dikalikan total suara sah. Sementara suara sah dalam Pilwakot Makassar adalah 565.040.

"Artinya jika dikalikan 0,5 persen, jumlahnya 2.825 suara. Dengan demikian, permohonan perselisihan hasil pemilihan Pilwakot Makassar tidak memenuhi syarat," ucapnya.

Pada mulanya, Pilwalkot Makassar diikuti oleh dua pasang calon. Namun Mahkamah Agung mencoret pasangan Danny Pomanto dan Indira Mulyasari karena menolak kasasi yang diajukan KPU Makassar. Pomanto dan Indira merupakan petahana.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up