JawaPos Radar

Tikungan Tajam Jadi Tantangan Peserta KPN 2018

10/08/2018, 17:31 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Karang Pamitran Nusantara 2018
VENUE: Gerbang menuju Lebakharjo, Ampelgading. Medan menuju venue cukup menantang dengan tikungan tajam dan jalan licin. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 akan digelar di Lebakharjo, Ampelgading, Kabupaten Malang. Acara kepramukaan ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-57, Selasa (14/8) mendatang.

Kabupaten Malang menjadi tuan rumah acara Pramuka tingkat nasional itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sudah melalukan beberapa persiapan. Salah satunya akses menuju ke lokasi acara.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni menjelaskan, pihaknya sudah memperbaiki jalan menuju venue. Hal ini akan mempermudah akses peserta yang jumlahnya diperkirakan mencapai 5.100 orang.

Pemkab Malang menggelontorkan dana lebih dari Rp 4 miliar untuk perbaikan akses ke lokasi. "Dana itu dari APBD. Kami perbaiki dan dibangun, untuk berikan rasa nyaman bagi peserta," kata Romdhoni ditemui di Pendopo Agung, Pemkab Malang, Jumat (10/8).

Di sisi lain, Dishub Kabupaten Malang mempersiapkan rambu lalu lintas untuk penunjuk jalan bagi para peserta. Total ada 150 rambu yang dipasang. Termasuk menuju ke lokasi wisata.

"Jalur pengamanan juga kami siapkan. Jalur pengamanan di Sonowangi sampai perkemahan dan jalan keluar Ampelgading, yang sekarang tengah dikerjakan rekan-rekan Bina Marga," kata Kepala Dishub Kabupaten Malang Ek Hafi Lutfi.

Menurutnya, ada tantangan yang dihadapi para peserta KPN 2018. Yakni, medan yang jelas licin dan rawan longsor. Menuju Ampelgading juga banyak tikungan tajam. "Medan cukup menantang, sebelah kanan ada jurang. Tapi di sana pemandangannya sangat bagus," tutur Hafi.

Melihat medan yang cukup menantang, Hafi mengimbau agar para peserta yang menyewa elf atau minibus agar memastikan bahwa sopir paham betul dengan medan yang dilewati. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kecelakaan. "Pastikan juga kendaraannya layak jalan, agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up