JawaPos Radar

Skyegrid, Platform Cloud yang Bikin Gamer Makin Manja

10/08/2018, 16:13 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Skyegrid, Skyegrid Game, Game Skyegrid
CEO Skyegrid Rolly Edward (kiri) bersama Menkominfo Rudiantara (kedua kiri) saat launching Skyegrid Cloud Gaming Platform di Jakarta, Kamis (9/8). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Platform clound gaming Skyegrid resmi meluncur. Startup buatan muda-mudi Indonesia ini akan semakin memanjakan para gamer Indonesia. Layanan cloud gaming yang dihadirkan Skyegrid diklaim mampu memainkan game dengan grafis berat atau skala AAA (Triple A), meskipun tidak memiliki konsol game atau PC canggih.

Sederhananya, platform ini memungkinkan siapa saja untuk bermain game triple A dari apapun perangkat yang dimilikinya. Termasuk laptop kerja biasa berbasis Windows, Macbook, dan iMac, bahkan ponsel Android.

CEO Skyegrid Rolly Edward mengatakan, selama ini untuk memainkan game triple A, orang-orang membutuhkan konsol game. Misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. “Masalahnya nggak semua orang mampu membeli perangkat tersebut. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid,” ujar Rolly Edward saat peluncuran Skyegrid di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (9/8).

Skyegrid, Skyegrid Game, Game Skyegrid
Ilustrasi: Orang bermain game. (Mashable)

Menurut Rolly, dengan Skyegrid siapa pun bisa menjadi gamer AAA, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. “Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga system requirement game yang tinggi hanya dengan smartphone Android,” jelas Rolly Edward.

Dia menuturkan, bermain game saat ini menjadi hobi yang tidak murah. Sebab, untuk memainkan sebuah game tanpa Skyegrid, seseorang harus membeli sebuah konsol game. Misalnya Sony PlayStation 4 (500 GB) seharga Rp 3,5 juta. Lalu perlu satu unit TV yang harga rata-ratanya Rp 2,5 juta untuk ukuran 32 inci. Belum lagi game-nya yang rata-rata seharga Rp 300 ribu. Jika ditotal, seseorang harus merogoh kocek Rp 6,3 juta hanya untuk memainkan satu game. Belum ditambah judul game lain di setiap pembelian barunya.

Fakta lain, lanjut Rolly, ia dan timnya juga kerap mendapati orang-orang yang terpaksa berhenti bermain game semata-mata karena tidak sanggup lagi ‘mengejar’ spesifikasi minimal atau system. Requirement yang dibutuhkan untuk bermain games AAA di PC.

Saat ini Skyegrid tersedia di OS Android, Windows, Mac OS, dan Xbox. Kini perangkat-perangkat tersebut bisa untuk memainkan game-game yang sebelumnya hanya bisa dimainkan oleh satu perangkat saja. Ya, dengan Skyegrid, games AAA bisa dimainkan di mana pun lewat layanan cloud (cross platform).

Skyegrid memakai skema berlangganan untuk model bisnisnya. Adapun Skyegrid mematok harga Rp 179 ribu untuk berlangganan setiap bulannya. Sebagai awalan, Skyegrid menyediakan lebih dari 50 judul game dengan grade AAA baik dari developer lokal maupun luar untuk dimainkan pelanggannya. Ke depan, pihak Skyegrid menyebut akan terus menambah koleksi game di platform cloud gaming-nya.

Skyegrid dalam paket langganannya juga menyediakan game lain yang bisa didapatkan di Steam jika ditautkan ke layanan Skyegrid. Dengan catatan pengguna harus memiliki akun Steam aktif untuk mendapat koleksi game terbaru.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up