JawaPos Radar

Tak Ada Jokowi, Ma’ruf Amin Batal Jadi Khatib di Masjid Istiqlal

10/08/2018, 13:04 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Tak Ada Jokowi, Ma’ruf Amin Batal Jadi Khatib di Masjid Istiqlal
Situasi Masjid Istiqlal Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal melaksanakan salat jumat berjamaah di Majid Istiqlal, Jakarta Pusat, siang ini, Jumat (10/8). Begitu juga dengan calon wakil presiden pendampingnya, Ma’ruf Amin yang semula dijadwalkan sebagai khotib pun membatalkannya.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, jajaran pasukan keamanan atau paspampres yang sebelumnya telah berjaga memeriksa para pengunjung yang akan masuk ke masjid. Namun, mereka bubar menjelang salat yang akan dilaksanakan.

“Tidak jadi, karena presidennya salat di istana. Pasti nggak jadi,’ ujar Kepala Bagian Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah yang memastikan keduanya batal melaksanakan salat jumat di lokasi dan memilih beribadah di Istana Negara.

Hari ini, imam dan khatib di Masjid Istiqlal adalah Said Aqil Almunawar. Jokowi-Ma’ruf Amin sendiri membatalkan kehadirannya dalam waktu yang mendesak.

“Jam 11 lewat berapa tadi dibatalkan. Begitu Pak Menpora ke sini memastikan posisi ternyata di istana ya sudah mereka ke istana semua,” kata dia.

“Jumat kemarin beliau (Jokowi) juga katanya mau salat di sini tapi tiba-tiba berubah. Biasa begitu kita sudah siap-siap beliau nggak jadi datang. Beberapa hari yang lalu kita nggak siap-siap taunya ke sini. Pokoknya Istiqlal selalu siap sedia,” tambah Abu.

Selain merek, pasangan lainnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga batal menghadiri pelaksaan salat jumat di masjid yang terletak berseberangan dengan Gereja Katedral itu. Padahal, mereka juga berencana salat jumat berjamaah di Istiqlal sebelum bertolak mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kemarin itu beliau (Prabowo) hanya mengumumkan akan salat, cuma kepastiannya hari ini ternyata nggak jadi,” katanya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up