JawaPos Radar

Disperta Bojonegoro Genjot Produksi Kacang Tanah

10/08/2018, 12:48 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kacang Tanah
Ilustrasi kacang. (Pixabay.com)
Share this

JawaPos.com - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro memiliki program untuk meningkatkan produksi kacang tanah. Salah satunya dengan memberikan pendampingan terhadap para petani kacang.

Kepala Disperta Kabupaten Bojonegoro Akhmad Djupari mengatakan, pendampingan kepada para petani meliputi pemilihan varietas bibit unggul yang sesuai dengan kondisi lahan. Serta penanganan hama tanaman kacang tanah.

"Pendampingan dilakukan untuk meningkatkan produktivitas para petani. Mulai dari pembibitan hingga panen. Tapi memang kebanyakan hasil panen dijual ke tengkulak," jelas Djupari di Bojonegoro, Jawa Timur, Jumaat (10/8).

Sejak setahun terakhir, belum ada program bantuan bagi para petani kacang tanah di wilayah Bojonegoro. Hal itu karena adanya efisiensi anggaran. "Sebenarnya sudah direncanakan, tapi belum terealisasi," imbuh Djupari.

Sementara itu, luas tanam kacang tanah di Bojonegoro pada 2016 mencapai 3.435 hektare. Produksinya sebanyak 5.188 ton. Sedangkan 2017, luas tanam sekaligus panen kacang tanah mencapai 2.445 hektare dengan produksi 2.811 ton.

"Yang sudah ada kerja sama kemitraan, justru petani kacang tanah di wilayah hutan. Untuk saat ini kerja sama yang sudah berlangsung antara LMDH dan Perhutani," terang Djupari.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up