JawaPos Radar

Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Wakil Gubernur DKI Jakarta

10/08/2018, 11:54 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Wakil Gubernur DKI Jakarta
Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno menyambangi kantor Balai Kota DKI Jakarta di hari terakhir pendaftaran Pilpres 2019, Jumat (10/8). Dirinya dan langsung disambut oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah yang sejak pagi sudah menunggunya.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Sandi tampak berbeda dari biasanya. Dia lebih irit bicara dan hanya melontarkan senyuman kepada awak media yang juga menunggu detik-detik pengunduran dirinya.

Mantan Politikus Partai Gerindra itu juga sempat mencium mobil dinasnya yang berwarna hitam. Hal itu menunjukkan momen terakhirnya menaiki Toyota Land Cruiser dengan nomor polisi B 1764 PQH yang 10 bulan telah menemaninya.

Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Wakil Gubernur DKI Jakarta
Sandiaga Uno resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

“Nyium terakhir nih. Ya (bakal) kangen banget, bukan kangen lagi. Tadi malam huhuhu,” ujarnya dengan raut muka sedih.

Setelah itu, Sandi menghampiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke ruang kerjanya untuk menyerahkan surat pernyataan mengundurkan diri sebagai wakil gubernur terhitung pada 9 Agustus 2018. Anies pun mempersilakan awak media untuk menyaksikan langsung prosesi tersebut.

“Dengan pencalonan saya sebagai calon wapres 2019-2024. Saya lampirkan juga surat pengantar kepada gubernur dan saya mohon kebijakan bapak gubernur untuk menindaklanjuti permohonan saya ini sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku,” kata Sandi.

Setelah Anies menerima suratnya, keduanya bersalaman dan berpelukan erat seakan-akan ada rasa kehilangan sekaligus memberi dukungan supaya Sandi bisa menjalankan tugas barunya.

Surat pengunduran dirinya itu juga akan segera diserahkan ke pihak DPRD DKI, kemudian dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar dikabarkan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang tak lain adalah pesaingnya pada Pilpres 2019.

“Barusan saya menerima surat dari Pak Wagub. Ini suratnya menyampaikan berhenti sebagai wagub sejak ditandatangani tanggal 9 Agustus 2018,” kata Anies pada kesempatan yang sama.

Berikut isi surat pengunduran diri Sandiaga Uno:

Sehubungan dengan pencalonan saya sebagai calon wakil presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Sesuai dengan Pasal 78 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka dengan ini saya:

Nama: Sandiaga Salahuddin Uno
Tempat, tanggal lahir: Rumbai, 29 Juni 1969
Alamat: Jalan Galuh 2 Nomor 18, Kebayoran Baru
Jabatan: Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta

Dengan ini saya menyampaikan surat pernyataan berhenti dari jabatan sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022, sejak pernyataan ini saya tanda tangani.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Jakarta, 9 Agustus 2018
Hormat saya,
Sandiaga Salahuddin Uno

(ce1/yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up