JawaPos Radar

BNPB: Tahun Ini Tak Boleh Ada Asap di Sumsel

10/08/2018, 11:20 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Dody Ruswandi
Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi. (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan agar Riau tidak menyumbang kabut asap. Apalagi hingga ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Riau ini wilayah strategis yang tidak boleh mengirim asap ke negara tetangga. Tahun ini tidak boleh ada asap di Sumatera Selatan karena mengamankan Asian Games," ujar Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi kepada JawaPos.com, Jumat (10/8).

Kabut asap merupakan bencana yang paling berbahaya. Sebab dampaknya bisa menyebar ke provinsi lain. Bahkan bisa ke negara tetangga. "Asap paling berbahaya karena bisa lintas provinsi, bahkan lintas negara," jelas Dody.

Setiap tahunnya, BNPB selalu menangani kebakaran hutan dan lahan di enam provinsi. Salah satu di Riau. BNPB cukup mengapresiasi kinerja pemerintah dalam sistem penanggulangan bencana di Riau.

"BNPB setiap tahun menangani Karhutla di enam provinsi, salah satunya Riau. Tapi saya kira penanggulangan bencana asap di Riau sudah bagus," beber Dody.

Di enam provinsi, BNPB telah mengirim bantuan ekstrem. Bahkan bantuan yang tidak dimiliki pemerintah daerah. Seperti helikopter dan hujan buatan. "Di Riau sendiri, kami kirim 6 helikopter tahun ini. Kemudian Sumatera Selatan 10 helikopter. Tapi rata-rata provinsi ada 5-6 helikopter," tuturnya.

Untuk Sumatera, ada tiga provinsi yang menjadi atensi. Adalah Riau, Sumatera Selatan dan Jambi. Ketiga provinsi itu harus saling berkoordinasi agar pelaksanaan Asian Games di Palembang dapat berjalan sukses.

"Untuk pencegahan dilakukan KLHK. Tetapi kalau sudah mulai terjadi, dilakukan BPBD. Nantinya BPBD berkoordinasi dengan gubernur. Barulah dibentuk tim Satgas Karhutla yang terdiri dari BPBD, TNI dan Polri. Ketiga provinsi ini juga harus selalu berkoordinasi," pungkasnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up