JawaPos Radar

Jokowi Datang, Jalan Menuju KPU Macet

10/08/2018, 10:11 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jokowi Datang, Jalan Menuju KPU Macet
assa pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah massa pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah memenuhi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka ingin mengantar pria asal Solo itu dan pasangannya untuk mendaftar sebagai pasangan calon di Pilpres 2019.

Dari pantauan JawaPos.com pada pukul 09.00 WIB, ruas jalan di sekitar KPU pun menjadi padat dengan banyaknya jumlah massa. Kemungkinan jumlahnya hingga ribuan yang memadati area itu.

Jalan yang menuju ke Gedung KPU langsung juga sudah diblokade TNI dan Polri mengingat massa yang datang terlalu banyak. Wartawan pun kesulitan masuk ke area itu.

Jokowi Datang, Jalan Menuju KPU Macet
Kemacetan saat pendaftaran capres-cawapres ke KPU. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)

Sementara terdengar dari seberang Gedung KPU, relawan menyanyikan yel-yel dukungan mereka terhadap Jokowi dan Ma'ruf. Pasangan capres dan cawapres itu sendiri sudah berada di dalam Gedung KPU.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengaku telah merencanakan pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas. Hal tersebut sebagai antisipasi kemacetan apabila pendukung capres datang ke KPU untuk mengawal dengan jumlah yang cukup banyak.

Namun hingga kini Yusuf mengaku belum mendapatkan informasi pukul berapa capres dan cawapres akan mendaftarkan diri ke KPU.

"Kita sudah antisipasi tapi kita belum tahu nih, capres cawapresnya saja belum tahu juga, biasanya ada pemberitahuan dari intel atau polda ngasih tahu," kata Yusuf saat dihubungi, Kamis (9/8).

Yusuf mengatakan sebanyak 167 polisi lalu lintas pun dikerahkan untuk mengutamakan arus lalu lintas di KPU dan sekitarnya. "Tapi kita tetap antisipasi siapkan, termasuk juga nanti apabila jalan depan KPU penuh dengan massa pendukung. Kita laksanakan pengalihan arus tapi kalau nanti enggak ada yang ngawal atau yang nganter, sepi-sepi saja enggak ada masalah juga kan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan terdapat tiga rute pengalihan arus lalin untuk pendaftaran capres.

Pertama akan dilakukan dari Bundaran Hotel Indonesia mengarah ke Jalan Imam Bonjol akan diarahkan ke kiri Jalan Agus Salim dan ke kanan Jalan Pamekasan.

Kemudian arus dari Jalan Rasuna Said yang mengarah ke kiri ke arah Imam Bonjol akan diluruskan ke arah Menteng dan dibelokkan ke kanan ke Taman Suropati.

Sebaliknya, untuk arus lalin yang dari Menteng diluruskan ke Rasuna Said dan belok kiri ke arah Taman Suropati, sehingga tidak ada yang melewati Jalan Imam Bonjol.

"Jalan Imam Bonjol sementara untuk mengantisipasi pendaftar capres cawapres jika ada yang mengantar sehingga kita berikan tempat," ucapnya 

Sudarmanto mengatakan pengalihan arus lalin juga bersifat kondisional dan akan berlangsung saat capres mendaftarkan diri ke KPU. Hingga kini pihaknya pun belum mendapatkan informasi pasti pada pukul berapa capres akan mendaftar.

"Pengalihan arus ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan jangan sampai ada pihak yang dirugikan. Misal pendaftaran jam 10.00 WIB enggak mungkin dari jam 05.00 WIB kita alihkan, kan kasihan, kita fleksibel," pungkas dia.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up