JawaPos Radar

Imuniasi MR Targetkan 244 Ribu Anak di Makassar

10/08/2018, 10:04 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Imunisasi MR
Menkes Nila Moeloek saat melakukan pemantauan kampanye imunisasi campak Measles dan Rubella di MTS Negeri 1 Makassar, Jalan AP Pattarani, Rabu (1/8) lalu. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berupaya merampungkan pemberian imunisasi measles rubella (MR) hingga September mendatang. Targetnya menyasar 244 ribu anak. Sementara sepanjang Agustus, setidaknya sudah ada 80.79 anak yang mendapatkan imunisasi tersebut.

"Rata-rata setiap hari, kami berikan vaksin kepada sembilan ribu anak,” kata Kepala Dinkes Makassar Naisyah Tun Azikin dalam keterangannya di Makassar, Jumat (10/8).

Kampanye nasional imunisasi MR berlangsung di luar Jawa selama Agustus hingga September 2018. Pada bulan pertama, vaksin disalurkan kepada kelompok anak sekolah.

Kemudian menyusul vaksinasi di Posyandu untuk balita pada September mendatang. Vaksin MR disiapkan untuk 362 ribu anak di Makassar dengan penyebaran merata di 14 kecamatan.

Naisyah tak menampik adanya kontroversi di masyarakat soal vaksin MR. Dia juga menyerahkan keputusan kepada orang tua siswa atau jika menolak vaksinasi. Ada orang tua yang baru membiarkan anaknya divaksin setelah terbit status halal dari Majelis Ulama Idonesia (MUI).

Untuk kasus seperti itu, pihak Dinkes memberikan toleransi dan akan difasilitasi belakangan jika sudah bersedia. "Tidak ada paksaan. Kalau memang orang tua menolak atau menunggu kepastian halal dari MUI, silakan. Ada toleransi sampai September," terang Naisyah.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono mengimbau masyarakat agar mendukung kampanye nasional imunisasi MR. Dia mengingatkan dampak bahaya penyakit campak dan rubella yang bisa berujung kematian

"Seluruh warga Sulsel perlu dilakukan vaksinasi untuk imun. Yang namanya rubella sangat berbahaya, beda dengan penyakit lain. Kalau pemerintah tidak dipercaya masyarakat, lalu siapa lagi yang bisa dipercaya,” serunya.

Sumarsono juga meminta warga agar tidak gampang terprovokasi di media sosial. Sebab belakangan banyak beredar isu tidak benar soal vaksin MR. Dia yakin vaksin yang diberikan pemerintah sudah dijamin keamanannya.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up