JawaPos Radar

Acuhkan Penguatan Dolar, Rupiah Tetap Bisa Kembali Menguat

10/08/2018, 09:31 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Acuhkan Penguatan Dolar, Rupiah Tetap Bisa Kembali Menguat
USD tampaknya tidak banyak direspon pelaku pasar dimana Rupiah mampu berbalik menguat. (Dok. JPNN / Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan dapat mengimbangi penguatan USD diharapkan dapat kembali terjadi seiring masih adanya sentimen positif dari dalam negeri.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, diharapkan sentimen dari dalam negeri masih dapat positif untuk dapat mengimbangi sentimen global.

”Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.415-14.400. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya Jumat (10/8).

Reza menjelaskan, kembali berlanjutnya kenaikan USD tampaknya tidak banyak direspon pelaku pasar dimana Rupiah mampu berbalik menguat. 

Pergerakan USD yang menguat seiring dengan harapan adanya pengenaan tarif impor tersebut akan membuat defisit neraca perdagangan AS dengan mitra dagangnya, terutama Tiongkok akan semakin mengecil. 

Selain itu, lanjutnya, laju USD juga terbantukan dengan adanya kenaikan data-data ketenagakerjaan. Di sisi lain, pergerakan Rupiah terbantukan dengan sejumlah sentimen dari dalam negeri seperti telah ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2018 Perlakuan Perpajakan.

Kemudian, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di bidang usaha pertambangan mineral oleh Pemerintah, perpanjangan perjanjian swaps antara Indonesia dan Australia untuk mengurangi ketergantungan USD. Sehingga, harapan akan pasangan calon Presiden dan wakil presiden yang akan diterima pelaku pasar.

 

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up