JawaPos Radar

Bunga Melati Indonesia Tembus Pasar Internasional

10/08/2018, 08:31 WIB | Editor: Imam Solehudin
Dirjen Hortikultura
Dirjen Hortikultura, Suwandi (kanan) ketika meninjau salah satu pembudidaya tanaman melati di Tegal, Jawa Tengah, kemarin. (Ist/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan ekspor bunga melati. Itu tak lepas dari besarnya potensi tanaman melati yang notabene memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Dirjen Hortikultura Suwandi mengatakan, pengembangan bunga melati di Indonesia sangat menjanjikan. Pasalnya, sebagai negara tropis, Indonesia memiliki alam dan sumberdaya cocok untuk tanaman hias, seperti bunga melati.

"Ini buktinya di Jawa Tengah terutama di Kabupaten Tegal, Pemalang, Batang dan Pekalongan tumbuh subur tanaman melati 600 hektar," ujar dia saat berkunjung ke Kabupate Tegal, Jawa Tengah, Kamis (9/8).

Dijelaskan Suwandi, Jawa Tengah dominan jenis melati putih. Di samping untuk dipasarkan di dalam negeri, para petani juga mengekspornya.

"Kami mendorong tingkatkan produksi, memperkuat kemitraan petani dengan eksportir. Kuncinya produksi dan ekspor agar ditingkatkan, sehingga bisa memperoleh devisa dan mensejahterakan mereka,” jelas Suwandi.

Selanjutnya, diuraikan Suwandi, untuk meningkatkan volume ekspor dilakukan peningkatan luas dan produksi. Kemudian perkuat pola kemitraan, kemudahan investasi, pelayanan perkarantinaan untuk ekspor.

“Ini buktinya PT. Alamanda Utama Sejahtera bermitra dengan petani, hari ini ekspor 1 ton ke Singapura, Malaysia dan Thailand,” pungkasnya.

(mam/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up