JawaPos Radar

Cerita Di Balik Keyakinan Sandiaga Dampingi Prabowo Jadi Cawapres

10/08/2018, 08:24 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Cerita Di Balik Keyakinan Sandiaga Dampingi Prabowo Jadi Cawapres
Prabowo tunjuk Sandi sebagai cawapres 2019. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno akan menyerahkan surat pengunduran dirinya dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (10/8) pagi. Mereka akan bertemu sebelum Sandi menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Suratnya sudah disiapkan, saya akan tanda tangan, besok pagi saya akan antar ke Pak Gubernur,” ujar Sandi di kediaman ibunya, Mien Rachman Uno, Jalan Galuh II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/8) dini hari.

Semalam, Sandi telah mendeklarasikan diri mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk maju pada Pilpres 2019. Dia merasa mendapat kejutan dan mengaku berat karena baru 10 bulan menjadi wakil gubernur.

Cerita Di Balik Keyakinan Sandiaga Dampingi Prabowo Jadi Cawapres
Sandiaga Uno di kediaman ibunya (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Sebab awalnya, Anies lah yang dipilih Prabowo untuk menjadi cawapres. Namun, orang nomor satu di ibu kota itu menolaknya sehingga Sandi menjadi opsi kedua.

“Ini datang sebagai suatu surprise buat saya karena seperti yang teman-teman ketahui pilihan pertama Pak Prabowo adalah Pak Anies Baswedan dan Anies mengatakan akan fokus di Jakarta dan itu disampaikan dalam secara pribadi dan saya diundang kita duduk bertiga,” terang dia.

Sebelum mengambil keputusan menuju RI-2, Sandi mendiskusikan hal itu terlebih dulu dengan ibundanya Mien Rachman Uno, sang kakak Indra Uno, hingga para kerabat. Dia juga melalui diskusi panjang bersama Anies.

Dia mengaku memiliki opsi untuk cuti selama proses Pilpres, namun tak dipilih lantaran diprediksi akan menjadi beban lebih. Oleh karena itu, Sandi memutuskan mundur dan berhenti mengemban tugas memimpin ibu kota, sekaligus mundur dari jabatan di Partai Gerindra.

“Saya memutuskan bahwa walaupun ada opsi untuk meminta cuti tapi karena ini amanah yang begitu luar biasa saya rasa tidak perlu saya setengah setengah saya menggunakan fasilitas negara, mobil kantor punya negara uang rakyat untuk berjuang oleh karena itu saya berkonsultasi sama Pak Anies dan juga dengan Pak Prabowo akhirnya opsi untuk mundur berhenti sebagai wakil gubernur dan juga berhenti sebagai kader Gerindra,” tutur dia.

Meski telah pasti menjadi cawapres, Sandi masih dijadwalkan menyelesaikan tugasnya sebagai wakil gubernur sebelum menyerahkan surat pengunduran diri. Dia akan meresmikan pameran flora dan fauna Jakarta 2018 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Setelah itu, dia akan mengikuti rapat checking ketuntasan dukungan Asian Games XVIII di Balai Kota DKI Jakarta.

Setelah menyelesaikan kedua tugasnya, Sandi akan menyerahkan surat pengunduran diri kepada Anies. Kemudian dia bertolak ke kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Mereka akan berangkat bersama melaksanakan salat jumat di Masjid Istiqlal sebelum bergeser ke KPU dan mendaftar sebagai capres-cawapres 2019. (yes/Yesika)

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up