JawaPos Radar

73 Kelompok Ramaikan Soft Opening International Gamelan Festival Solo

09/08/2018, 21:59 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Festival Gamelan 2018
GAMELAN: Kelompok gamelan saat memainkan gamelan saat soft opening International Festival Gamelan (IGF) 2018, Kamis (9/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sedikitnya 73 kelompok gamelan ikut meramaikan soft opening International Gamelan Festival (IGF) yang digelar di Solo, Kamis (9/8) sore. Puluhan kelompok tersebut berjajar di city walk mulai dari Plasa Sriwedari sampai dengan Gladak.

Tembang pembuka soft opening yakni lagu 3WMP (Waras, Wasis, Wareg, Mapan dan Papan yang tidak lain merupakan ciptaan dari Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.  

Pembukaan ditandai dengan ditabuhnya ketipung oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo diiringi tabuhan kenong oleh Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, didampingi Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo serta perwakilan dari negara lain. 

Sebelum membuka soft opening IGF, puluhan kelompok gamelan sudah bersiap untuk tampil. Mereka diantaranya kelompok gamelan sekolah, profesional dan dari kelompok gamelan dari kelurahan yang ada.

Dalam sambutannya Rudy mengatakan, bahwa event berskala internasional ini salah satunya untuk semakin mengenalkan gamelan kepada dunia. Selain itu, dengan tema Home Coming atau pulang kampung ini ditujukan kepada para seniman yang konsen terhadap gamelan yang selama ini melalang buana agar bisa pulang ke Solo.

"Ini ditujukan agar para seniman yang selama ini sudah berkarya di berbagai negara untuk bisa pulang kampung, dan mengembangkan ilmunya di Solo," terangnya. 

Upaya ini sekaligus juga untuk menanamkan rasa cinta para generasi penerus terhadap alat musik gamelan. Sehingga, nantinya gamelan tetap terjaga dan dilestarikan.

"Gamelan ini merupakan bagian dari leluhur bangsa yang harus dilestarikan," ungkapnya. Sementara itu, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat terhadap tingginya antusiasme masyarakat Solo dalam menyambut IGF 2018.

"Ini merupakan festival gamelan terbesar, dan ini antusiasme sangat tinggi terbukti dalam soft opening ini terdapat 73 kelompok yang hadir," ungkapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up