JawaPos Radar

Ikut Semarakkan Asian Games, PT PLN Fasilitasi Motor Listrik

09/08/2018, 20:58 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Ikut Semarakkan Asian Games, PT PLN Fasilitasi Motor Listrik
Ilustrasi. (Istimewa for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam menyemarakkan penyelenggaraan Asian Games 2018, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengaku bersedia memfasilitasi operasional Inasgoc dengan motor listrik khususnya di Jakarta.

General Manager PLN Distribusi Jakarta, M Ikhsan Asaad menjelaskan motor listrik akan ditempatkan di masing-masing venue. Upaya ini dilakukan untuk mendukung pengurangan emisi gas CO2 atau karbondioksida

"Kita total siapkan ada 50 unit motor listrik. Nanti setiap venue kita standby-kan 5 unit untuk operasional Inasgoc," kata Ikhsan di Halaman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Ikhsan menjelaskan motor yang digunakan adalah merk Viar Q1 yang merupakan motor model scutik dengan Baterai dari Bosch. Motor ini dapat melaju hingga kecepatan 60 km/jam, serta dengan jarak terjauh 60 Km.

Sementara itu, untuk baterai terdiri dari lithium ion yang dapat diisi ulang penuh hanya dalam waktu lima sampai tujuh jam. Kapasitas listrik minimal untuk dapat mengisi baterai motor ini hanya 220 VA yang dinilai awet daya.

"Jadi ini menjadi bagian dari upaya kita mendukung go-green," tuturnya.

Dalam persiapannya, Ikhsan mengaku PLN telah menyiapkan berbagai hal demi menghindari mati listrik terutama di setiap venue. Khusus untuk wilayah Jakarta, persiapan penguatan sistem distribusi yang dilakukan PLN di antaranya membangun jaringan tegangan menengah untuk memperkuat pasokan ke Gardu Distribusi.

Selanjutnya, melakukan rekonfigurasi JTM untuk meningkatkan keandalan dan kecepatan pemulihan pasca gangguan. Selain itu, melengkapi gardu distribusi dan gardu hubung dengan fasilitas ACO dan RC untuk mempercepat pemulihan pasca gangguan. Dan terakhir, penggantian dan pemeliharaan peralatan gardu distribusi berserta peralatan pendukungnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up