JawaPos Radar

Ustad Somad Dikabarkan Menolak Jadi Cawapres

GNPF-U Ajukan Ustad Arifin Ilham dan Aa Gym

09/08/2018, 20:15 WIB | Editor: Kuswandi
Pilpres 2019
Ilustrasi Pilpres 2019 (Koko/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Konstelasi politik di Kubu Prabowo Subianto belum juga menemukan titik terang. Kali ini, Gerakan Nasional Pengawal Fatwal (GNPF) Ulama mendesak koleganya itu memilih cawapres dari kalangan ulama.

Ketua Umum GNPF-U Yusuf Muhammad Martak mengatakan, saat ini pihaknya mendesak Prabowo untuk tetap konsisten menjalankan hasil rekomendasi ijtima ulama. Apalagi, kata dia, Joko Widodo (Jokowi) telah memilih cawapresnya dari kalangan ulama.

"Diharapkan agar Pak Prabowo maju didampingi oleh ulama, saya dengar pak Jokowi untuk periode yang kedua didampingi pak Ma'ruf Amin. Saya tidak tahu itu benar atau tidak, kenapa pak Jokowi lebih cerdas daripada kita," kata Yusuf di Kediaman Prabowo, Jakarta, Kamis (9/8).

Karena itulah Yusuf meminta Prabowo memilih cawapres dari kalangan ulama. Ia pun tak menampik saat ini rekomendasi hanya menghadirkan dua nama cawapres. Antara lain, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, dan Ustad Abdul Somad telah memutuskan.

Namun, lanjut Yusuf, kedua nama itu tidaklah mutlak. Ia pun telah menyediakan calon-calon alternatif dari kedua nama tersebut. Misalnya saja, Ustad Arifin Ilham ataupun Ustad Aa Gym.

"Kami akan segera melakukan musyawarah Ijtima lagi dengan para ulama. Bahwa tolong jangan keputusan itu nantinya tidak menguntungkan bagi semua pihak," ungkapnya.

Tak hanya itu, Yusuf juga mengungkapkan alasan dirinya terkesan ngotot untuk memberikan pos ulama di pilpres mendatang. Baginya, ulama merupakan sosok yang dapat mengayomi masyarakat.

"Ulama bisa memberikan pembimbing, bisa mengawal, bisa memberikan nasehat agar pimpinan negara tidak jalan semaunya sendiri. Tidak ada kontrol wapres dijadikan seperti ban serep. Kita tidak mau lagi terjadi," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up