JawaPos Radar

Ketum PPP: Koalisi Jokowi Terbukti Solid

09/08/2018, 19:44 WIB | Editor: Kuswandi
Romahurmuziy
Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ma'ruf Amin akhirnya dipilih oleh Joko Widodo (Jokowi) menjadi cawapresnya di Pilpres 2019.

Pilihan Ma'ruf Amin membuat kaget banyak pihak. Pasalnya sebelum pengumuman nama Ma'ruf Amin. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) disebut bakal mendampingi Jokowi.

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy mengatakan partai koalisi telah bulat dan sepakat menerima Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi.

"Ma'ruf Amin merupakan titik temu dari seluruh parpol dan masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Rommy usai konfrensi pers di Resto Pelataran, Jakarta, Kamis (9/8).

Dengan dipilihnya Ma'ruf Amin dan semua partai koalisi juga tidak ada yang menolaknya. Maka sudah dibuktikan koalisi pendukung Jokowi sangat solid untuk Pilpres 2019.

Sebab diakui Anggota Komisi XI DPR ini ada pihak-pihak yang menarwarkan membentuk poros ketiga dari koalisi Jokowi ini. Namun semua tetap pada komitmennya mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Ada ikhtiar menggoda koalisi membentuk poros ketiga, tapi dengan komunikasi baik semuanya bisa direkonsiliasi, dan tentu saling distrust dan inilah koalisi final," katanya.

Memang dipilihnya Ma'ruf Amin dipilih oleh Jokowi bukan dari elektabilitasnya. Melainkan pengalamannya segudang di pemerintahan. Misalnya pernah menjadi anggota DPRD, DPR, MPR, Rais Aam PBNU, Ketua Umum MUI dan Anggota Dewan Pengarah Badan Pembi‎naan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Jadi kalau hanya ditinjau dari elektabilitas mungkin saja pilihannya berbeda. Tapi karena mendengar dari berbagai kalangan, dan aspek kapabilitas juga penting," ungkapnya.‎

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up