JawaPos Radar

Breaking News: Jokowi Tunjuk Ma'ruf Amin Jadi Cawapres

09/08/2018, 18:47 WIB | Editor: Ilham Safutra
Breaking News: Jokowi Tunjuk Ma'ruf Amin Jadi Cawapres
Jokowi-ma'ruf Amin (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Teka-teki siapa cawapres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 akhirnya terkuak. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan resmi menyatakan menyatakan maju lagi sebagai calon presiden untuk periode kedua. Pada periode ini Jokowi menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sebagai cawapres.

Pernyataan itu diungkapkan langsung Jokowi usai menggelar pertemuan tertutup dengan sembilan partai pendukung di Restoran Pelataran, bilangan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (9/8) petang.

"Dengan ini saya memutuskan Profesor Dr KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres," ujar Jokowi di hadapan seluruh ketua umum parpol pendukung.

Keputusan sangat berbeda dengan rumor yang beredar sejak beberapa hari lalu yang menyatakan Jokowi menggandeng mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Ternyata keputusan itu berubah tiba-tiba.

Sebelum diungkap secara resmi oleh Jokowi, dipilihnya Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi sudah diungkap oleh Sekjen PKB Abdul Kadir Karding. "Rapat antara pak @jokowi dan ketum-ketum, sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Maruf Amin sebagai calon wapres pak jokowi," ujar Kardin lewat akun Twitternya @Kadir_Karding, Kamis (9/8).

Terpisah Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengungkapkan salah satu alasan Maruf Amin dipilih karena dia salah satu alternatif tokoh yang mendapat respositif. Bahkan dia adalah petinggi ormas Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"KH Maruf Amin (KHA) menjadi salah satu alternatif yg menjebatani seluruh interst group. Beberapa alasan, pertama, pemimpin tertinggi ormas Islam moderat terbesar di Indonesia, yaitu @nahdlatululama karena menjabat sebagai Ris Aam #cawapres 2019," kata Rommy sapaan Romahurmuziy dalam akun Twitter miliknya @MRomahurmuziy.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up