JawaPos Radar

Polri Jamin Keamanan Investor

09/08/2018, 18:27 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Investor
Acara Sosialisas BKPM RI dengan Polri di Swiss Belhotel Harbourbay, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (9/8). (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Instisusi Polri memegang peranan penting dalam mendukung dunia usaha di Indonesia. Terutama dalam hal perlindungan dan keamanan kepada para investor.

Kepala Biro Operasional Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Brigjen Pol Tambunan menyampaikan, saat ini Polri sudah masuk dan lebih dekat dengan para investor. Hadirnya Polri sebagai bagian dari instrumen pembangunan ekonomi akan menghadirkan rasa aman. Sehingga investor akan lebih percaya menanamkan modalnya di Indonesia.

Sebelumnya, investor yang mengalami gangguan keamanan harus membuat pengaduan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selanjutnya baru diteruskan kepada kepolisian.

Tapi sekarang, Polri sudah menjalin kerja sama dengan BKPM. Hadirnya kerja sama membuat investor dan pelaku usaha bisa langsung membuat aduan kepada pihak keamanan.

"Adanya kerja sama ini juga mempercepat kepolisian untuk bertindak. Tugas pengamanan memang sudah tanggung jawab Polri," kata Eddy seusai kegiatan kegiatan Sosialisas BKPM RI dengan Polri di Swiss Belhotel Harbourbay, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (9/8).

Di Kepri, ada empat kawasan industri yang masuk dalam Objek Vital Nasional (Obvitnas). Di dalamnya sudah ada sistem pengamanan sesuai dengan kerja sama BKPM dengan Polri.

Sistem pengamanan yang terkontrol memberikan jaminan hadirnya bantuan secara cepat, jika di satu kawasan Obvitnas terjadi kondisi yang tidak diinginkan. "Jadi perwira yang berjaga bisa langsung melaporkan. Bantuan bisa segera datang," tandas Eddy.

Eddy menekankan, personel polisi di daerah harus memberikan dukungan maksimal terhadap wilayah tugas mereka. Koordinasi yang selama ini terjalin harus semakin ditingkatkan. "Kalau ada laporan polda lamban dalam merespons, akan saya tegur," tegasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis menambahkan, kerja sama ini menempatkan Polri sebagai pendukung keamanan industri dan investasi. Ini terlihat dengan mulai berkembangnya investasi di beberapa daerah, termasuk di Kepri. "Investasi selalu jadi yang utama dengan berbagai pertambahan fasilitasnya. Termasuk faktor keamanan dari Polri," sambung Azhar.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up