JawaPos Radar

Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Sumbang Kain Kafan

09/08/2018, 17:55 WIB | Editor: Budi Warsito
Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Sumbang Kain Kafan
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengecek bantuan yang akan dikirim untuk korban gempa di Lombok Utara. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai mengirimkan bantuan dan sumbangan kepada korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (9/8). Sumbangan itu dikirim melalui jalur darat dan udara.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, sumbangan itu berupa bahan makanan seperti sembako dan pakaian baru, tenda dan keperluan pertolongan pertama lainnya. Pihaknya juga mengirim sejumlah kain kafan.

"Ya, tadi kami dihubungi dari Lombok. Katanya mereka minta kain kafan. Jadi ya kami siapkan saja sekalian," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Kamis (9/8).

Gempa Lombok, Pemkot Surabaya Sumbang Kain Kafan
Anggota TNI menurunkan bantuan logistik yang dibawa ACT dari pesawat Hercules Anggota TNI menurunkan bantuan logistik yang dibawa ACT dari pesawat Hercules (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Selain kain kafan, beberapa bentuk bantuan lain seperti water purifier, popok, obat-obatan, sarung, tikar, genset dan pompa air beserta selangnya juga dikirim.

Risma mengatakan, bantuan yang dikirimkan itu sebagian berasal dari masyarakat. Ada juga dari Pemkot Surabaya sendiri. "Itu semua bantuan di luar rencana pembangunan sekolah. Jadi ini beda bantuan dan tim yang berangkat. Bantuan itu tujuannya ke Lombok Utara," kata Risma.

Risman melanjutkan, pihaknya akan terus mengumpulkan bantuan dari masyarakat yang masih ingin memberikan sumbangan. Mereka pun akan terus memantau kondisi di Lombok pasca gempa.

"Prediksi, bantuan itu akan sampai di Lombok besok lusa (11/8). Jadi akan kami pantau terus. Karena, kami baru dapat kabar bahwa saat ini jalur udara sedang padat," katanya.

Bantuan yang telah terkumpul dibungkus dengan karung dan kardus oleh belasan anggota Linmas dan staff Pemkot Surabaya. Tak hanya barang, belasan relawan dan tenaga medis juga ikut mengantar bantuan tersebut.

Sebagai informasi, Lombok kembali diuncang gempa. Gempa terjadi di desa Karangkates, kecamatan Gangga, Lombok Utara. Gempa susulan tercatat berkekuatan 6,2 SR selama 15 detik.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up