JawaPos Radar

Kapolri Santai Hadapi Pendaftaran Capres-Cawapres Besok

09/08/2018, 16:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kapolri Santai Hadapi Pendaftaran Capres-Cawapres Besok
Kapolri Jendral Tito Karnavian. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hari pendaftaran terakhir Pilpres 2019 berlangsung Jumat (10/8). Rencananya, dua calon presiden yang mencuat saat ini, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bakal mendaftar di momen terakhir.

Massa kedua calon presiden dengan pasangannya itu diyakini juga akan menggeruduk Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang bakal mengawal Prabowo untuk mendaftar besok.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian santai menanggapi rencana ribuan massa yang esok akan mendatangi KPU. "Nggak masalah, kita sudah biasa ya pengamanan KPU, kita sudah siapkan kekuatan cukup lah," ujarnya di silang Monas, Jakarta, Kamis (9/8).

Kapolri Santai Hadapi Pendaftaran Capres-Cawapres Besok
Ilustrasi Pilpres 2019 (Kokoh Praba/ JawaPos.com)

Dia optimistis para calon dan pendukungnya akan melakukan pendaftaran dengan cara-cara yang baik. "Selama ini juga sering kita lakukan, sering kita amankan, saya yakin tidak ada masalah," tukas Tito.

Sementara itu, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya bentrok antarmassa. Soal jumlah personel yang dikerahkan, kata dia, tergantung pada situasi nanti.

"Kalau memang landai, kita tidak perlu penguatan. Tapi kalau situasi ada eskalasi, pasti ada penebalan atau penguatan," imbuhnya.

Dia berharap agar kedua kubu tidak mengerahkan massa terlalu banyak. "Secukupnya saja. Masing-masing kelompok ini harus ada korlap yang mengatur jangan sampai ada aksi-aksi yang di luar batas. Karena ini akan merugikan kita semua," imbau Setyo.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Mohammad Iqbal menilai tidak perlu pengerahan massa. "Polri imbau tidak ada pengerahan massa karena akan menganggu ketertiban lalu lintas," kata dia.

Namun, polisi katanya akan tetap siap siaga menjaga KPU pada saat pendaftaran terakhir besok. "Kita melakukan upaya-upaya penjagaan tapi juga siapkan upaya-upaya penegakan hukum, tapi insya Allah (semoga tidak ada keributan). Intinya Polri sudah siap," pungkas Iqbal.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up