JawaPos Radar

Digadang-gadang Jadi Cawapres

Kemendagri: Sandiaga Belum Serahkan Surat Permohonan Cuti

09/08/2018, 15:26 WIB | Editor: Kuswandi
Sandiaga Uno
Wagub DKI Sandiaga Uno (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno belum memberikan surat laporan untuk berhenti sementara terkait namanya disebut akan menjadi calon wakil presiden (Cawapres), mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

"Belum mengajukan surat berhenti sementara atau cuti," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar kepada JawaPos.com, Kamis (9/8).

Menurut Bahtiar, jika Sandiaga Uno resmi menjadi cawapres harus melapor kepada Presiden Joko Widodo sesuai Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2018.

"Jadi harus cuti atau berhenti sementara, kalah balik lagi," ucap Bahtiar.

Bahtiar menuturkan, hal itu serupa saat Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, yang dimana saat itu tidak menjalankan pemerintahan setelah ditetapkan sebagai Capres pada 2014.

"Tahun 2014 Jokowi sebagai gubernur (DKI Jakarta) berhenti sementara waktu beliau caprEs," jelasnya.

Sebelumnya diketahui, nama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menguat sebagai cawapres Prabowo Subianto setelah meminta surat keterangan tidak pailit di PN Jakarta Pusat.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 22 tahun 2018 Pasal 10 poin h, seorang bakal capres dan cawapres harus mendapatkan surat keterangan tidak dalam kondisi pailit untuk memenuhi syarat pendaftaran Capres-Cawapres dalam Pemilu 2019.

(rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Menjaga Akal Sehat dalam Pilpres 09/08/2018, 15:26 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up