JawaPos Radar

Sambil Bersepeda, Kapolri Ingin Jakarta Seperti Belanda

09/08/2018, 14:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sambil Bersepeda, Kapolri Ingin Jakarta Seperti Belanda
Kapolri Jendral Tito Karnavian bersepeda di silang Monas, Jakarta Pusat. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Keinginan bersepeda dengan nyaman di Ibu Kota Jakarta terlintas di benak Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia berharap pemerintah bisa membenahi fasilitas bagi pesepeda.

"Seperti di Belanda, kalau teman-teman pernah ke Belanda. Di situ kan ada jalur khusus sepeda," ujarnya di silang Monas, Jakarta, Kamis (9/8).

Memang di beberapa ruas jalan Jakarta sudah terdapat jalur sepeda. Namun menurutnya belum memadai.

Untuk itu, dia berharap agar fasilitas bagi pesepeda ditingkatkan. Bila perlu, ada sepeda yang bisa disewa per harinya dengan parkir khusus.

"Jadi ada fasilitas yang disiapkan dengan privilleg, artinya keistimewaan-keistimewaan bagi pengendara sepeda. Nah insentif itu yg dibutuhkan, karena saya lihat keinginan masyarakat untuk bersepeda itu banyak," kata Tito.

Jika fasilitas itu bisa dipenuhi semua pemanggu kepentingan, menurutnya bisa saja Jakarta menjadi kota sepeda. "Nah ini kalau kita bisa aktifkan seperti itu Jakarta bisa jadi kota sepeda, silakan kalau kota lainnya mulai, itu bisa jadi model bagi kota lainnya," imbuh Tito.

Jenderal bintang empat itu berpendapat, dengan bersepeda, terlebih digunakan sebagai kendaraan untuk bekerja, memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Emisi kendaraan juga akan berkurang dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Jadi langit bisa menjadi lebih biru di Jakarta dan juga untuk seluruh Indonesia," pungkas Tito

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up