JawaPos Radar

10.000 Relawan Akan Terlibat di Beberes Bandung

09/08/2018, 14:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
10.000 Relawan Akan Terlibat di Beberes Bandung
Acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Bandung, Kamis (9/8). (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota Bandung akan menggelar acara Beberes Bandung selama dua hari yakni 11-12 Agustus 2018. Dikabarkan 10.000 relawan akan bergerak ikut dalam acara tersebut di seluruh Kota Bandung.

Beberes Bandung merupakan acara dalam rangka menyambut Asian Games, Hari kemerdekaan, dan Idul Adha. Dalam penyambutan Pemkot Bandung mengajak selauruh warga Bandung untuk berpartisipasi menciptakan Bandung yang nyaman bersih dan menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Tris Avianti, mengatakan antusias masyarakat dalam Beberes Bandung patut diapresisasi. Pasalnya hingga saat ini sudah banyak warga Bandung maupun luar Bandung mendaftar sebagai relawan. Adapun pendftaran dibuka untuk umum secara offline dan online.

"Jadi target 10.000 relawan tapi lihat animo masyarakat dan dibantu TNI Polri yang daftar bisa mencapai 15.000 relawan," kata Tris di Taman Sejarah Bandung, Kamis (9/8).

Sebanyak 10.000 relawan ini merupakan 9.000 dari 30 Kecamatan Kota Bandung dan sisanya dari relawan yang daftar secara online. Bahkan, kata dia baru dibuka beberapa jam sudah mencapai 2.000 an relawan.

"Ini sangat luar biasa ya relawan yang daftar. Artinya Bandung ini dicintai warganya jadi mereka mau ikut serta mempercantik Kota Kembang ini," ungkapnya.

Dalam acara tersebut difokuskan pada menata dan menciptakan Bandung yang nyaman. Dengan kegiatan mengecet batas jalan, menyapu, mengepel, dan lainnya.

Menurutnya, Beberes Bandung ini sangat positif untuk kebiasaan warga Bandung dalam menjaga keindahan Kota. Sehingga ke depannya akan dijadikan sebagai acara rutin bulanan.

"Bandung cantik, nyaman karena warganya peduli. Jadi ini merupakan the power bebarengan menjaga Bandung," pungkasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegitan tersebut. Pasalanya target Pemkot Bandung pada tahun ini bisa kembali meraih penghargaan Adipura Kencana.

"Sebetulnya kita sudah cicil dari dua minggu ke belakanng dan berkoordinasi dengan kewilayahan untuk memperbaiki fasilitas seperti lampu PJU, pemasangan umbul-umbul Asian Games, ngecet dan lainnya. Tapi puncaknya pada 11-12 Agustus mendatang," ujar Arief.

Sehingga ke depannya kegiatan tersebut bisa dipertahankan dan menumbuhkan sense of belonging kepada warga Bandung.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up