JawaPos Radar

5 Langkah Mudah Mencukur dengan Aman

09/08/2018, 13:19 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
5 Langkah Mudah Mencukur Aman
Ilustrasi: 5 langkah mudah mencukur aman dengan krim cukur (Pixabay)
Share this image

JawaPos.com - Untuk mempermudah merapikan bulu halus disekitar wajah, kaki dan ketiak, saat ini terdapat teknik mencukur yang dianggap aman, yakni menggunakan krim pencukur untuk mengurangi rasa perih.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (9/8) mencukur dengan bantuan gel atau krim memungkinkan bercukur lebih halus dan bisa juga bertindak sebagai lapisan perlindungan dari pisau silet. Penggunaan krim cukur bisa berfungsi baik untuk menghidrasi kulit dan rambut serta meminimalisir luka.

Lalu bagaimana cara menggunakan krim cukur yang baik? Berikut 5 langkah mudahnya.

5 Langkah Mudah Mencukur Aman
Krim cukur tak hanya bertindak sebagai lapisan pelindung kulit dari pisau silet, tapi juga menghidari kulit. (boldsky)

1. Pilih Krim Sesuai Jenis Kulit

Tidak semua krim cukur bekerja pada semua kulit. Pilih krim cukur yang sempurna untuk jenis kulit, seperti sensitif, kering atau bahkan kulit normal. Berbagai macam krim cukur tersedia untuk memenuhi berbagai jenis kulit.

2. Cukur Arah Berlawanan

Penting sebelum menarapkan krim cukur, terlebih dahulu membersihkan area kulit dengan air. Setelah itu, aplikasikan krim cukur pada area bulu yang hendak dibersihkan. Caranya dengan selalu mencukur ke arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut

3. Gunakan Pelembab

Penting untuk menggunakan pelembab atau lotion setelah mencukur untuk mencegah iritasi kulit. Pastikan sesudah mencukur menggunakan krim untuk mengoleskan pelembab. Contohnya, gel lidah buaya segar untuk melembabkan kulit.

4. Hindari Deodoran

Hindari menggunakan deodoran atau semprotan tubuh segera setelah mencukur di bagian ketiak karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Jangan Gunakan Silet yang Sama

Pastikan untuk selalu mengganti silet cukur setelah beberapa kali penggunan. Sebab, pisau cenderung terinfeksi jika dibiarkan terbuka. Jika menggunakan pisau yang sama, itu akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Jadi, disarankan untuk selalu mengganti pisau cukur.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up