JawaPos Radar

Ngobrol Bersama Kei Kyu Sang Konseptor Desain Datsun Go Live

09/08/2018, 13:07 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ngobrol Bersama Kei Kyu Sang Konseptor Desain Datsun Go Live
Kei Kyu, Executive Design Director Datsun bersama Datsun GO Live (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Harus diakui, kemolekan Datsun GO Live yang belum lama meluncur di pameran GIIAS 2018 menjadi pusat perhatian bagi pengunjung. Namun tak semua orang tahu aktor di balik terciptanya kendaraan sporty tersebut. Tak banyak orang tahu pesan apa yang ingin disampaikan melalui desain Datsun GO Live.

Kei Kyu, Executive Design Director Datsun adalah sosok perancang desain Datsun GO Live juga Datsun GO Cross.

Menurutnya, tantangan terbesar saat merancang Datsun GO Live yaitu upaya tetap mempertahankan desan orisinil mobil tersebut untuk mengkespresikan arah baru dan bentuk baru tanpa menghilangkan gaya khas.

Ngobrol Bersama Kei Kyu Sang Konseptor Desain Datsun Go Live
Datsun GO Live (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)

“Bahasa desain harus disesuaikan dengan karakter target merket. Misalnya saat membidik kawula muda, maka harus disesuaikan dengan karakter kawula muda di Indonesia,” paparnya di Booth Datsun GIIAS 2018.

Menurutnya, setiap brand memiliki karakter dalam menunjukkan jati diri brand image. “Kami menunjukkan, karakter brand kami melalui desai. Kami mencoba menggambarkan brand Datsun itu. Satu produk memiliki desain strategi yang jujur, esensial, vigorous yang bermakna energik, segar” kata Kei Kyu.

Aksen warna kuning dipilih agar GO Live mencerminkan kebebasan, sporty, cocok bagi kawula muda. Aksen warna kuning itu hanya di sebagian komponen mobil. Menjadi sebuah aksen, menjadi salah satu ikon, memberi ciri khas bagi Datsun.

Segi enam bernuansa kuning di bagian grill berusaha memberi nuansa kebebasan. “Kami pun mempertimbangkan unsur yang spesial dan menyenangkan. Jadi saya ingin memperlihatkan sesuatu yang berbeda, sebuah tanda atau petunjuk yang memperlihatkan bahwa mobil ini merupakan versi terbatas, yang biasanya disampaikan dengan warna khusus dan jumlah terbatas. Jelas terlihat bahwa warna khusus ini menunjukan bahwa mobil ini merupakan rancangan khusus dimana GO Live memiliki skema warna yang unik, terlihat juga pada segi enam di bagian gril depan. Untuk warna pada grill nya dapat berbeda-beda bisa hijau ataupun biru.,” ujarnya.

“Dan mengapa bentuknya tidak simetris? Karena bentuknya keren dan beda! Kemudian, Visual Identity kami memiliki bentuk yang lebih terlihat seperti segi enam. Sebuah bentuk seperti sarang madu dan lebih kaku. Memang banyak bentuk lainnya seperti segitiga, kotak, segi delapan. Tapi menurut kami, bentuk segi enam terlihat lebih berani,” papar Kei.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up