JawaPos Radar

Cek Keaslian Ijazah Bacaleg, KPU Sambangi Sekolah dan Perguruan Tinggi

09/08/2018, 12:57 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pendaftaran Bacaleg
ILUSTRASI: Komisi Pemilihan Umum (KPU) melangsungkan pengecekan keaslian ijazah milik para bakal calon legislatif (bacaleg) yang maju di bursa Pileg 2019. (Yesika/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melangsungkan pengecekan keaslian ijazah milik para bakal calon legislatif (bacaleg) yang maju di bursa Pemilihan Legislatif (Pileg) Jawa Tengah 2019. Verifikasi ulang dilakukan dengan mendatangi instansi pendidikan tiap-tiap bacaleg.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, sejak dua hari terakhir petugasnya aktif mendatangi sekolah-sekolah dan perguruan tinggi untuk memverifikasi ulang ijazah bacaleg.

"Kita klarifikasi ke lapangan, soalnya mendengar beberapa masukan dari masyarakat, mengatakan ada keraguan dalam beberapa berkas ijazah yang dilampirkan bacaleg yang mencalonkan diri di tingkat DPRD Jawa Tengah," kata Joko, Kamis (9/8).

Untuk hasilnya, lanjut Joko, baru akan keluar sekitar satu atau dua hari ke depan. Akan tetapi, Joko menambahkan, untuk verifikasi rekam medis di rumah sakit dan surat kuasa pengadilan negeri menurutnya sudah kelar.

"Sudah selesai semua. Tinggal kita ini lagi merampungkan verifikasi ijazah mereka. Ini hampir selesai. Tapi kan hasil validnya Sabtu baru ketahuan DPS-nya," terangnya lagi.

Seperti diketahui, total pendaftar bacaleg di Provinsi Jawa Tengah mencapai 1.374 orang. Mereka datang dari 16 parpol peserta Pemilu 2019.

Saat proses verifikasi pertama, didapati beberapa bacaleg yang mengalami cacat kelengkapan dokumen. Bahkan beberapa diantara mereka ada yang terindikasi pernah menjadi napi kasus korupai dan di bawah umur sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up