JawaPos Radar

Serba-serbi Asian Games 2018

Hotel di Palembang Hampir Full, Sumsel Siapkan Puluhan Homestay

09/08/2018, 12:51 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Homestay
ILUSTRASI: Perhelatan Asian Games 2018 membuat tingkat hunian hotel di Sumatera Selatan, khususnya Palembang memuncak. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perhelatan Asian Games 2018 membuat tingkat hunian hotel di Sumatera Selatan, khususnya Palembang memuncak. Lantaran dikhawatirkan keberadaan hotel tidak mampu menampung para pengunjung, Pemprov Sumsel menyiapkan solusi dengan penyediaan homestay atau rumah tinggal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan sejauh ini ada beberapa negara yang mem-booking satu hotel 100 persen, ada juga yang mem-booking sebanyak 80 persen.

Sebagai industri pariwisata, tentu ini tidak bisa dilarang. Karena itu, untuk mengantisipasi terjadi kekurangan maka bisa menginap di homestay.

"Kami mempersilahkan jika tamu mau memilih sendiri tempat tinggalnya, tapi kami juga menyediakan homestay jika memang diperlukan," katanya saat ditemui, Kamis (9/8).

Ia mengaku sejauh ini homestay yang terdata di pihaknya hanya 28 rumah. Dimana satu rumah berisikan 2 sampai 3 kamar dan satu kamar bisa dihuni 2 orang. Artinya, homestay ini bisa menampung ratusan orang. Homestay ini tersebar di Palembang. Namun, yang paling banyak berada di perbatasan antara Palembang dan Banyuasin. "Ada juga yang berada di Jakabaring dan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, ada banyak homestay di Palembang ini. Namun, memang tidak terdaftar. Karena memang jika terdaftar maka harus membuat izin dan membayar pajak.

Homestay ini sendiri merupakan sebuah rumah yang disewakan. Sehingga, siapapun bisa membuat homestay. Namun, jika sudah terdaftar tentunya mendapatkan arahan agar lebih baik lagi terutama saat menyambut tamu yang menginap.

"Karena itu, kami berharap homestay ini didaftarkan agar mendapatkan penambahan wawasan dalam memberikan pelayanan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiuddin mengakui memang sejauh ini reservasi untuk hotel di Palembang sudah hampir full. Namun, dirinya tidak mengetahui persis berapa banyak yang sudah melakukan reservasi.

"Jumlah kapasitas hotel di Palembang itu sekitar 10 ribuan kamar," singkatnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up