JawaPos Radar

Kenakan Jaket Asian Games 2018, Eks Plt Gubernur DKI Datangi KPK

09/08/2018, 11:55 WIB | Editor: Imam Solehudin
Soni Soemarsono
Dirjen Otda Kemndagri, Soni Soemarsono tiba di Gedung KPK, Kamis (9/8) (Intan Piliang/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Sumarsono memenuhi panggilan KPK. Saat tiba di lembaga antirasuah, eks Plt Gubernur DKI Jakarta itu tampak menggenakan jaket Asian Games 2018 bewarna putih.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan lembaganya memang menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sumarsono. Dia bakal diperiksa terkait kasus yang melilit Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.

Yakni kasus suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 (TA). "Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk IY," ungkapnya pada awak media, Kamis (9/8).

Namun tak hanya itu, lembaga antikorupsi ini juga memanggil dua pejabat lain yakni Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Indra Baskoro dan Direktur Fasilitas Dana Perimbangan dan Pinjaman daerah, Muhammad Ardian Novianto.

"Akan dikonfirmasi perihal pengetahuan saksi terkait penerimaan aliran dana pada tersangka sebagai Gubernur Aceh," tukasnya.

Kasus ini bermula saat Bupati Bener Meriah, Ahmadi diduga memberikan uang kepada Gubernur Aceh sebesar Rp 500 juta. Duit itu bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta Gubernur Aceh terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan insfrastruktur, yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada provinsi Aceh tahun anggaran 2018.

Diduga pemberian tersebut merupakan bagian dari komitmen fee 8 persen yang menjadi bagian untuk pejabat di Pemerintah Aceh, dari setiap proyek yang dibiayai dari DOKA. Pemberian kepada Gubernur dilakukan melalui orang-orang dekat Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah, yang bertindak sebagai perantara.

Dalam kegiatan ini lembaga antirasuah mengamankan beberapa bukti diantaranya uang sebesar Rp 50 juta, bukti perbankan dan catatan proyek.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up