JawaPos Radar

Pelimpahan 3 Tersangka Abu Tours Dipercepat

09/08/2018, 10:44 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kombes Pol Dicky Sondani
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani saat memberikan keterangan beberapa waktu lalu. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim penyidik Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) berupaya merampungkan berkas pemeriksaan tiga tersangka kasus dugaan penipuan umrah oleh Abu Tours. Setelah semuanya beres, para tersangka segera dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

Tersangka yang dimaksud adalah Nursyariah Mansyur yang merupakan istri COE Abu Tours Hamzah Mamba. Kemudian mantan Komisaris ABu Tours Khaeruddin dan mantan Manajer Keuangan Abu Tours Muhammad Kasim Mamba.

"Kami lagi percepat untuk merampungkan (berkas) tiga tersangka ini. Tinggal tunggu waktu saja. Yang jelas tidak lewat Agustus ini, Insy Allah kami sudah rampungkan," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Kamis (9/8).

Namun sebelum perampungan, polisi berkoordinasi dan menunggu petunjuk dari kejaksaan. Apabila pihak kejaksaan menyatakan belum memenuhi syarat, berkas akan dikembalikan untuk dilengkapi alias P-19. "Tapi mudah-mudahan sudah tidak lagi. Pokoknya kami maksimalkan supaya bisa segera rampungkan dan serahkan tiga tersangka ini," tegas Dicky.

Sementara untuk tersangka utama Hamzah Mamba, tinggal menunggu waktu untuk dilimpahkan ke pengadilan. 15 Jaksa dilibatkan dalam proses penyusunan dakwaan untuk tersangka Hamzah Mamba.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar Dicky Rachmat Rahardjo mengatakan, sekarang pihaknya berupaya untuk segera mungkin merampungkan seluruh administrasi. Termasuk rencana dakwaan (Rendak) sebelum akhirnya di limpahkan ke pengadian untuk disidangkan. "Tim jaksa sudah dibentuk. Jadi sementara menyusun surat dakwaan dalam waktu dekat ini. Setelah rampung akan dilimpahkan," tandasnya.

Pelibatan belasan jaksa dalam penyususan Rendak dinilai penting. Mengingat substansi perkara dalam kasus ini, khususnya korban dan kerugiannya cukup fantastis. Untuk itu, tim jaksa akan melakukan penelitian mendalam dalam penyusunan rendak. "Intinya kalau sudah rampung, segera mungkin langsung melimpahkan ke pengadilan," tegas Dicky.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up