JawaPos Radar

Piala AFF U-16 2018

Prediksi Indonesia vs Malaysia: Hari ini Indonesia Pasti Menang

09/08/2018, 08:18 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-16
Indonesia hadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 2018. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia tengah berada dalam tren yang bagus. Bila tidak ada faktor lain yang mempengaruhi, Indonesia bisa melewati Malaysia di laga semifinal Piala AFF U-16 2018, Kamis (9/8) malam ini.

Bagus Kahfi dan kawan-kawan merupakan tim terkuat di Grup A. Mereka lolos ke semifinal dengan nilai sempurna. Menyapu bersih semua pertandingan di babak grup dengan kemenangan. Selain itu, Indonesia adalah tim paling produktif di Piala AFF U-16 2018.

Skuad asuhan Fachri Husaini itu telah mencetak 21 gol dalam lima pertandingan. Sementara gawang Ernando Ari Sutaryadi, kiper Indonesia, baru kemasukan tiga gol saja. Itu adalah bukti bahwa Indonesia punya sistem pertahanan yang bagus.

piala aff u-16 2018
Timnas U-16 kembali didukung puluhan ribu suporter di Gelora Delta Sidoarjo. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Fachri Husaini mengatakan, para pemainnya sudah sangat siap untuk menjalani pertandingan semifinal melawan Malaysia. Bahkan, Fachri menyebut bahwa pertandingan ini sudah sangat dinantikan pasukannya.

Bagi mantan pemain PKT Bontang ini, Malaysia bukan tim yang pantas diremehkan. Sebab mereka adalah kumpulan pemain yang sudah dipersiapkan selama kurang lebih setahun. Komposisi materinya juga bagus dengan kerja sama yang sangat apik.

Dari segi postur pemain, Malaysia diberkahi pemain-pemain dengan tinggi. Tidak jauh berbeda dengan para penggawa Timnas U-16. Fachri yakin pertandingan melawan Malaysia akan menjadi laga yang menarik dan menghibur.

Hanya saja, head to head kedua tim cenderung berpihak ke Malaysia. Harimau Muda pernah mengalahkan Indonesia dengan skor 4-3 pada laga uji coba sebelum Piala AFF U-16 2018 bergulir. Sekitar sebulan yang lalu.

“Kami kalah 3-4 waktu uji tanding di Malaysia. Pertandingan berjalan ketat. Kami juga punya banyak peluang di laga itu. Ini adalah kesempatan kami untuk revans kepada Malaysia,” ungkap Fachri.

Walaupun di atas kertas Indonesia lebih diunggulkan, satu tantangan yang harus dihadapi anak asuh Fachri adalah membayar ekspektasi suporter. Bermain di kandang sendiri membuat Indonesia seolah diwajibkan untuk menang.

Fachri tak mau anak asuhnya merasa terbebani dengan hal itu. Menurut buku 'Filosofi Sepak bola Indonesia (Filanesia)', sebut Fachri, menjadi juara bukan tujuan utama skuad asuhannya. Ia menginstruksikan timnya untuk menikmati pertandingan.

“Tetapi tentu saja ketika kami sudah masuk ke semifinal, ketika kami bermain di depan ribuan pendukung yang begitu fanatik dan kreatif, tentu kami tidak ingin mengecewakan mereka. Saya berharap para pemain juga menikmati pertandingan semifinal ini. Tanpa ada beban apa pun,” tutur Fachri.

Sementara itu pelatih Malaysia Raja Azlan Shah Raja So'ib mengaku sudah sangat tahu kekuatan Indonesia. “Kami akan susun rencana untuk mengalahkan mereka. Tak ada istilahnya kami akan bermain bertahan,” sebut Raja Azlan.

Mantan bek Perak FA ini menambahkan, pertandingan melawan Indonesia akan menjadi ujian mental para pemain. Sebab di belahan dunia manapun, tidak ada puluhan ribu penonton yang menyaksikan laga Tim Nasional usia dini. Itu hanya ada di Indonesia.

“Ini adalah jalan yang harus mereka tempuh. Ini adalah pengalaman yang bagus untuk mereka. Anggap saja nyanyian untuk Indonesia adalah nyanyian untuk kami juga,” tutup Raja Azlan.

Dengan dukungan ribuan suporter, spirit Sutan Zico dan kolega seharusnya bisa berlipat ganda. Semangat yang bisa membuat mereka tampil spartan untuk membayar kesalahan di laga uji coba. Sekaligus membayar kegagalan kakak mereka, Timnas U-19, yang juga takluk dari Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2018.

 

Perkiraan Susunan Pemain Indonesia vs Malaysia:

Indonesia: 21-Ernando Ari Sutaryadi, 2-Amiruddin Bagas Kaffa, 2-M. Yudha Febrian, 5-Fadilah Nur Rahman, 16-Komang Trisnanda, 18-Brylian Aldama, 6-David Maulana, 22-Fajar Fathur Rachman, 11-M. Supriadi, 8-Andre Oktaviansyah, 20-Amiruddin Bagus Kaffi
Pelatih: Fachri Husaini

Malaysia: 1-Abdul Alim Al Amri, 3-Ali Imran Sukari, 14-Izzul Adam Suhaimi, 5-Ikhwan Hafizo, 13-Megat Syafique Syazwan, 6-Aznil Hafiz Azhar, 7-Alif Daniel Aziz, 10-Syukur Faiz Januri, 20-Azrul Haikal Ramlee, 12-Marwan Abdul Rahman, 9-Harith Jaineh
Pelatih: Raja Azlan Shah Raja So'ib

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up