JawaPos Radar

Kejari Kota Cirebon Pelototi Pembangunan Gedung Setda 8 Lantai

08/08/2018, 23:32 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
TP4D
PENGAWASAN: Kejari Kota Cirebon memantau pelaksanaan proyek pembangunan gedung Setda setinggi 8 lantai, Rabu (8/8). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Tim Pengawas dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon mendatangi lokasi pembangunan Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Cirebon setinggi 8 lantai, Rabu (8/8). Pengerjaan proyek pembangunan yang menelan biaya Rp 86 miliar tersebut masih dalam pengawasan lembaga internal maupun Kejari.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, Nurul Hidayat mengatakan secara keseluruhan pembangunan gedung Setda dari APBD itu sedang dalam pemeriksaan terkait kualitas konstruksi pembangunannya.

Menurut Nurul, kunjungannya ke lokasi pembangunan gedung Setda hanya sebatas mendampingi tim pengawas internal dari Pemkot Cirebon. Akan tetapi, dirinya tidak menampik bahwa pengawasan pembangunan gedung Setda pun dilakukan oleh tim di luar Pemkot, salah satunya Kejari.

"Setiap pembangunan di pemerintahan yang menggunakan anggaran daerah, kami awasi sejauh mana progres dan kualitasnya," katanya.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan pekerjaan dari tim internal terkait pemantauan kualitas gedung Setda yang tengah dibangun tersebut. Karena proses pembangunan gedung masih dalam proses pemeliharaan, maka pihaknya masih menunggu laporan hasil pengerjaan.

Dia menjelaskan, Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah Pembangunan Daerah (TP4D) baru mengawasi proses masuk-keluar anggaran. Untuk pemeriksaan hasil pengerjaan gedung Setda 8 lantai itu masih dalam proses.

"Bila ternyata kualitas gedung jauh dari standar yang disepakati, maka kemungkinan pembayaran ditangguhkan," katanya.

Ia mengimbau kepada kontraktor pengerjaan proyek gedung Setda untuk melaksanakan pembangunan sesuai aturan. Sehingga, hasilnya pun sesuai diharapkan dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Cirebon.

"Demi hasil pengerjaan lebih baik, proyek pembangunan gedung ini diawasi secara bersama-sama," kata Nurul.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up