JawaPos Radar

Masih Banyak Korban Tertimbun, Evakuasi Fokus di Wilayah Ini

08/08/2018, 23:15 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Masih Banyak Korban Tertimbun, Evakuasi Fokus di Wilayah Ini
Ilustrasi korban gempa lombok. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim SAR masih berupaya mencari korban yang masih tertimbun reruntuhan akibat gempa 7 SR di Lombok akhir pekan lalu. Ratusan personel tim SAR dibantu prajurit TNI dan alat berat pun dikerahkan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ada sejumlah titik yang menjadi fokus pencarian korban. Diantaranya, Dusun Supek, Dusun Bangsal, Dusun Dompo Indah, Desa Bili Betung, Dusun Baru Mornas di Desa Betek, dan terakhir di Kecamatan Gangga.

Pencarian di wilayah tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang mengatakan ada warga yang masih tertimbun dan kemudian sudah mulai juga tercium bau jenazah.

"Ini adalah titik kritis, hari ketiga, karena diduga ada juga korban yang tertimbun dalam kondisi masih hidup, mungkin sakit," ujar Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (8/8).

Dia mengatakan, kendatipun dikerahkan sejumlah personel gabungan, namun unuk mengevakuasi korban dari balik reruntuhan terbilang cukup sulit mengingat bahan material bangunan berupa dinding beton maupun tembok tebal.

Oleh karena itu diperlukan alat berat. "Alat berat itu sangat hati-hati alam membersihkan atau mengangkat material- material tersebut," tukas Sutopo.

Diketahui, hingga sore tadi, tercatat 131 orang meninggal dunia akibat gempa di Lombok pada Minggu (5/8) malam. Sebanyak 1.477 orang luka berat, sedangkan luka ringan terlalu banyak dan belum bisa didatangkan.

Sementara itu, 163.003 jiwa mengungsi. Kemudian 42239 rumah rusak. Serta, 458 unit sekolah turut rusak. (DNA)

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up