JawaPos Radar

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Kapal Isi Pakaian Bekas Asal Tiongkok

08/08/2018, 22:22 WIB | Editor: Yusuf Asyari
TNI AL Gagalkan Penyelundupan Kapal Isi Pakaian Bekas Asal Tiongkok
Sebanyak 23 kontainer berhasil diamankan TNI AL dari KM Mentari Crystal (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebuah kapal yang mengangkut 23 kontainer pakaian bekas diamankan Satgas Second Fleet Quick Respon (SFQR) Lantamal V. Pakaian bekas dari Tiongkok dan Taiwan itu rencananya akan diselundupkan ke Surabaya.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin menjelaskan, kapal motor yang diamankan bernama Mentari Crystal. "Kami amankan di alur pelayaran Timur Surabaya, di dekat pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur," jelas Edwin, Rabu petang (8/8).

Dari lokasi penangkapan itu, TNI AL mendapati modus baru. Yakni barang yang diimpor secara ilegal itu tidak langsung masuk Surabaya. "Jadi mereka transit dulu ke NTT. Ini modus baru," tambahnya.

KM Mentari Crystal itu diamankan saat hendak sandar lalu digiring oleh KRI Hiu-634. Kapal perang cepat kelas todak itu bekerja sama dengan SFQR Lantamal V yang terdiri dari Satrol, Tim Intel, dan Diskum.

Edwin menuturkan, saat ini pihaknya masih mendalami identitas pemilik barang. "Sudah ada yang kami target," tuturnya.

Pihaknya juga akan mencari tahu pihak-pihak yang berada di balik layar penyelundupan pakaian bekas itu. Serta ke mana saja lokasi pendistribusian pakaian setelah masuk ke Surabaya.

Saat merilis hasil tangkapan itu, petugas menunjukkan 23 kontainer yang disita. Bebeapa di antaranya dibuka dan ditunjukkan kepada awak media.

Total isi 23 kontainer itu adalah 4.616 ball press pakaian. Jika diuangkan, nilainya ditaksir mencapai sekitar Rp 11 miliar.

Penyelundulan itu melanggar UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Menteri Perdagangan No. 51 Tahun 2015 tentang larangan mengimpor barang bekas ke Indonesia. Pelakunya terancam hukuman penjara maksimal 5 tahun serta denda Rp 5 miliar.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up