JawaPos Radar

SKK Jabanusa Tingkatkan Produksi Jadi 215 Ribu Barel Per Hari

08/08/2018, 22:22 WIB | Editor: Budi Warsito
SKK Jabanusa Tingkatkan Produksi Jadi 215 Ribu Barel Per Hari
Ilustrasi SKK Migas (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) menarget produksi 215 ribu barel minyak per hari. Peningkatan target ini, dilakukan demi kian terpenuhinya angka produksi secara nasional.

Ali Masyhar, Kepala SKK Migas Jabanusa mengungkap, angka 215 barel per hari dirasa cukup rasional atau relevan, jika melihat potensi ketersediaan minyak yang ada. Terutama di wilayah Pulau Jawa.

"Kami tingkatkan kegiatan produksi dan berharap tahun 2018 ini produksi bisa meningkat, dari yang biasanya 200 ribu menjadi 215 ribu barel setiap harinya," ujar Ali, Semarang, Rabu (8/8).

Dengan total produksi secara nasional yang ada, yakni 800 ribu barel per hari. Maka bisa dikatakan, SKK Migas Jabanusa menyumbang 30 persen dari keseluruhan. Melihat potensi yang ada, angka itu kemungkinan besar masih bisa ditambah.

Pasalnya lanjut Ali, saat ini SKK Migas terus melakukan eksplorasi ke beberapa daerah yang disinyalir mempunyai potensi besar dalam menghasilkan minyak. Kawasan yang diprediksi jadi sumur minyak pun sudah dipetakan.

"Eksplorasi sedang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menemukan sumber minyak baru. Ini penting dilakukan untuk menambah kapasitas produksi minyak di Jawa Bali dan Nusa Tenggara," sambungnya.

Sementara untuk Jawa Tengah sendiri kata Ali, daerah potensial penghasil minyak meliputi Kabupaten Cepu, Cilacap dan Balongan. Akan tetapi, melihat besarnya cadangan dan banyaknya sumur yang ada, ia berujar untuk beberapa daerah belum bisa dioptimalkan.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up