JawaPos Radar

Pilpres 2019

Dari Titik Kilometer Nol Sabang, ABJ Deklarasikan Dukungan pada Jokowi

08/08/2018, 21:47 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Arus Bawah Jokowi
Sejumlah relawan Arus Bawah Jokowi berpose bersama saat menggelar deklarasi dukungan pada Jokowi sebagai presiden dua periode. (istimewa/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Deklarasi dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi presiden dua periode mulai bermunculan. Terutama dari kalangan relawan yang menamakan diri Arus Bawah Jokowi (ABJ).

Deklarasi dukungan ABJ kali ini digelar di daerah paling barat Indonesia, tepatnya di Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Pembacaan bersama ikrar dukungan pada Jokowi itu digelar di titik Kilometer Nol, Kota Sabang, Rabu (8/8).

Sekitar 100 orang yang tergabung dalam relawan ABJ membentangkan bendera Merah Putih dan mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi.

Menurut Ketua Umum ABJ Michael Umbas, deklarasi dukungan itu, sekaligus sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Oleh karena itu, deklarasi tersebut mengusung tema "Terima Kasihku untuk Jokowi."

"Dukungan diberikan karena masyarakat merasakan perubahan atas program kerja serta kebijakan Nawacita Presiden Jokowi," ujar Umbas melalui keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Umbas menambahkan, pemerintahan Presiden Jokowi telah membuktikan komitmennya membangun Indonesia dari pinggiran. Bahkan, Sabang sebagai wilayah paling barat Indonesia menjadi salah satu daerah yang diprioritaskan mantan gubernur DKI itu.

Jokowi, lanjut Umbas, memiliki keyakinan dan optimisme yang sama dengan Bung Karno. Mantan wali kota Surakarta itu memprakarsai gerakan untuk mendobrak mentalitas bangsa, serta membangun mentalitas baru sebagai bangsa yang merdeka seutuhnya. Gerakan itulah yang menjadi dasar revolusi mental.

"Dari Sabang presiden mencanangkan Kapsul Waktu yang diarak ke 34 provinsi di Indonesia dan berakhir di Merauke, Papua untuk Indonesia yang berkemajuan ke depan," katanya.

Diketahui, Jokowi pernah mengunjungi Sabang pada 10 Maret 2015 lalu. Di titik nol kilometer atau daratan paling barat Indonesia itu, presiden mencanangkan gerakan nasional Ayo Kerja‎.

(jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up