JawaPos Radar

Jelang Wukuf, Jamaah Haji Diminta Jaga Kesehatan dan Pakai APD

09/08/2018, 07:20 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
jamaah haji, ibadah haji 2018, wukuf di tanah suci, kesehatan jamaah haji,
Ilustrasi: Jamaah haji asal Indonesia yang hendak diberangkatkan ke tanah suci. (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Saat ini, Madinah sudah kosong dari jamaah haji Indonesia. Seluruh jemaah telah bergeser ke Makkah bergabung dengan gelombang 2 yang tiba melalui Jeddah. Karena itu, para jamaah wajib menjaga kebugarannya menjelang pelaksanaan wukuf tiba.

Direktur KKHI Makkah dr. Nirwan Satria, Sp.An pun mengimbau agar jamaah jangan banyak melakukan aktivitas yang tidak penting. Jamaah juga wajib banyak minum dan makan tepat pada waktunya.

"Kalau beraktivitas pakai alat pelindung diri (APD)," tambahnya.

Nirwan mengingatkan, puncak ibadah haji adalah wukuf. "Jaga kesehatan jelang wukuf. Kami sudah siapkan KKHI Makkah dengan lebih dari 200 tempat tidur dan dokter spesialis. Namun yang utama adalah jemaah harus mampu menjaga kesehatannya masing-masing," paparnya. 

Sebab, di KKHI Makkah, jamaah yang masih dirawat inap di KKHI Makkah sebanyak 97 orang dan dirawat di RSAS di Makkah 64 jemaah. Dokter. Nirwan Satria menyebutkan, pasien yang banyak dirawat adalah karena sesak, dementia, hipertensi, dan ulkus diabetes.

"Ini tercetus karena kelelahan fisik dan kurang minum," jelasnya.

Sedangkan saat ini masih ada 7 pasien yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Seluruh pasien merupakan pasien yang kembali dari rawatan di RS Arab Saudi.

"Hari ini 4 orang rencananya akan dievakuasi ke Makkah, sehingga yang masih dirawat di KKHI Madinah ada 3 orang", jelas Direktur KKHI Madinah dr. M. Yanuar, Sp.P dalam keterangan tertulis, Rabu (8/8).

Di RSAS Madinah saat ini masih ada 18 orang yang dirawat. Sebanyak 6 orang di antaranya masih dirawat di ruang ICU dengan ventilator, serta 2-3 orang direncanakan kembali ke KKHI hari ini.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up