JawaPos Radar

Parah, Pura-pura Salat Gatot Malah Bobol Kotak Infak Masjid

08/08/2018, 19:36 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kasus Pencurian Kotak Amal
KOTAK INFAK: Gatot Supriyanto pelaku pencurian uang kotak infak diamankan oleh Polsek Pasar Kliwon. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Jajaran Polsek Pasar Kliwon, Solo mengamankan Gatot Supriyanto, 46, Selasa (7/8). Pasalnya, warga Wonogiri tersebut terbukti mencuri uang yang ada di kotak infak masjid Ciptosari An Nur yang ada di Kampung Demangan Sangkrah, Pasar Kliwon.

Akibat perbuatannya, Gatot harus mendekam di sel tahanan dan terancam lima tahun penjara. 

Informasi yang diperoleh JawaPos.com menyebutkan, aksi pencurian tersebut dilakukan Gatot, pada Selasa (7/8) kemarin. Awalnya Gatot berpura-pura salat di masjid tersebut. Setelah melihat situasi masjid memungkinkan, pelaku langsung merusak gembok kotak infaq dan mengambil uang yang ada di dalamnya.

Setelah berhasil mengambil uang, Gatot pun ngacir meninggalkan masjid. Tetapi, belum sampai meninggalkan masjid, warga yang sudah curiga gerak-gerik Gatot langsung menangkapnya. "Lalu warga memeriksa kotak amal, ternyata kondisinya sudah rusak, dan uang yang ada di dalamnya sudah tidak ada," terang Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Adity Mulya.

Keyakinan warga ini semakin bertambah ketika aksi pencurian tersebut terekam kamera pengawas yang ada di dalam masjid. 

Selanjutnya, warga menyerahkan pelaku ke Polsek Pasar Kliwon. "Modus pelaku ini pura-pura salat, setelah warga lengah langsung melakukan pencurian. Pelaku menggunakan kunci rumah untuk merusak gembok kota infak," katanya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa uang hasil curian senilai Rp 552 ribu. 

Sementara itu dari hasil pemeriksaan, diketahui aksi pencurian kontak infak ini bukan yang pertama. Pelaku mengaku sudah tiga kali melakukan aksi pencurian. Dan yang terakhir gagal karena keburu ditangkap warga. Pelaku diancam dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara maksimal lima tahun.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up