JawaPos Radar

Datangi KPU, Sam si Capres Bule Minta Perpanjangan Pendaftaran Capres

08/08/2018, 18:59 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Sam Aliano dan Arief Budiman
Sam Aliano saat hadir di Kantor KPU dan langsung ditemui oleh Ketua KPU Arief Budiman. (Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pengusaha Sam Aliano yang nekat jadi calon presiden (capres) menyambangi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kedatangannya, ke kantor penyelenggara pemilu itu untuk memperpanjang masa pendaftaran capres dan cawapres.

Sam yang pernah berjanji bakal memberangkatkan semua orang Islam di Indonesia pergi umrah itu, datang mengenakan jas berwarna hitam berdasi merah. Ia diterima langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman. 

"Saya kesini untuk meminta perpanjang  pendaftaran calon presiden hingga tanggal 20 Agustus. Lebih lama 10 hari dari ketentuan sebelumnya," kata Sam di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/8)

Diketahui, Sam yang merupakan politisi partai Idaman itu beberapa kali menyatakan dirinya ingin maju sebagai capres di Pemilu 2019. Namun keinginannya terhambat persyaratan ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen. 

Kendati demikian, pria keturunan Turki ini meminta perpanjangan masa pendaftaran capres sampai Mahkamah Konstitusi (MK) memutus uji materi terhadap pasal 222 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. 

"Sisa waktu pendaftaran hanya dua hari. Sedangkan Mahkamah Konstitusi belum ada keputusan final mengenai ambang batas 20 persen. Sehingga KPU harus memperpanjang waktu ini," ucap capres bule yang telah menebar balihonya di beberapa sudut Ibu Kota itu. 

Sam menilai perpanjangan waktu pendaftaran masih bisa dilakukan lantaran jika pendaftaran ditutup pada tanggal 20 Agustus, jarak antara penutupan pendaftaran dan penetapan pasangan capres dan wapres masih memiliki jeda selama satu bulan. Waktu itu menurut dia masih cukup panjang. 

Lebih lanjut, Sam berpendapat perpanjangan waktu masa pendaftaran akan membuat MK lebih tenang dalam memutus uji materi ambang batas presiden. Waktu yang tersisa saat ini, menurut Sam, akan membuat MK tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. 

"Sidang MK yang terburu buru dapat merugikan kami, termasuk semua kandidat," jelasnya.

Pendaftaran capres dan cawapres dibuka mulai 4 Agustus hingga 10 Agustus 2018. Pada 4-9 Agustus 2018 pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Pada hari terakhir atau 10 Agustus, pendaftaran dibuka hingga pukul 24.00 WIB.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up