JawaPos Radar

Kebutuhan Hewan Kurban Warga Sumbar Meningkat, Stok Sapi Aman

08/08/2018, 21:46 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kebutuhan Hewan Kurban Warga Sumbar Meningkat, Stok Sapi Aman
Ilustrasi, pasokan hewan kurban di Sumbar aman untuk Idul Adha 2018 (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan ketersediaan hewan kurban cukup pada Idul Adha 2018. Diperkirakan permintaan hewan kurban meningkat dari tahun sebelumnya.

Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, M Kamil mengatakan, pada 2017 jumlah hewan kurban mulai dari kambing, domba, hingga sapi mencapai 42.250 ekor. Dari jumlah tersebut, 36 ribu diantaranya adalah sapi.

"Prediksinya tahun ini meningkat, tapi kemungkinan besar terpenuhi," kata Kamil yang belum bisa mendetailkan jumlah peningkatan kurban, di Padang, Rabu (8/8).

M Kamil menerangkan, optimisme terhadap ketersediaan hewan kurban ini muncul setelah pihaknya melakukan monitoring ke sejumlah pasar ternak di Sumbar. Seperti pasar Muara Panas di Kabupaten Solok, pasar ternak Palangki di Sijunjung, dan pasar Sungai Sariek, Pariaman.

"Kami amati stok sapi, kambing mencukupi. Ketersediaan sapi jantan cukup banyak," terang Kamil.

Sapi tersebut, kata Kamil, berasal dari peternak di masing-masing daerah Sumbar. Namun, sebagian juga datang dari daerah Kisaran, Sumatera Utara, Lampung dan pulau Jawa. "Jadi, ada dari ada dari populasi kita di Sumbar, dan ada juga dari luar. Tapi, sapi kita (Sumbar) pun ada yang dikirim ke luar," terangnya.

Disamping itu, pihaknya juga tengah gencar melakukan pengawasan terhadap pemotongan sapi betina produktif untuk menjaga populasi sapi.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up