JawaPos Radar

Pilpres 2019

Jokowi dan Rommy Kompak Bicara Islam Moderat di Depan Ulama

08/08/2018, 16:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Jokowi dan Rommy Kompak Bicara Islam Moderat di Depan Ulama
Ketum PPP Romahurmuziy saat memberikan sambutan Pelatihan Kader Ulama XII di Pendidikan Kader Ulama‎. (istimewa/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy memberikan sambutan dalam pembukaan Pelatihan Kader Ulama XII di Pendidikan Kader Ulama di Gedung Tegar Beriman Komplek Pemda Kabupaten Bogor, Rabu (8/8). Dalam kesempatan itu, kedua tokoh menyinggung tentang perlunya menjaga dan mengembangkan Islam moderat di Indonesia.

Rommy, begitu ia biasa disapa, menyebutkan bahwa umat Islam diciptakan untuk menjadi 'umat di tengah' agar bisa menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Menjadi berada di tengah atau moderat ini penting agar bisa berbuat adil kepada golongan lain dan tidak mudah menyalahkan.

Menurut Rommy, sejak awal Islam di Indonesia memang disebarkan dengan cara-cara moderat. Hal ini terlihat dari dakwah para wali. Dari namanya saja mereka menyebut diri sebagai sunan yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa, Susuhunan.

"Dalam menyebarkan Islam, para sunan memperhatikan adat-istiadat setempat. Tidak heran jika misalnya Sunan Kudus memuliakan sapi yang dianggap suci oleh masyarakat yang saat itu mayoritas beragama Hindu," jelas Rommy dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (8/8).

Bukan hanya di Jawa, cara moderat ini juga dilakukan di semua daerah. Seperti Sunda, Sumatera.

Sementara itu Jokowi dalam sambutannya menyebutkan bahwa Indonesia yang berpenduduk lebih dari 260 juta jiwa, mayoritas beragama Islam. Namun di sisi lain, Indonesia sangat beragam.

Ini terlihat dari adanya ribuan pulau dan ribuan bahasa lokal serta budaya yang berkembang. Di tengah keberagaman itu, Islam tetap berkembang dengan baik dan memiliki corak yang khas dibanding banyak negara Islam.

"Dalam berbagai pertemuan internasional saya selalu menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara Islam terbesar di dunia. Ini saya sampaikan karena banyak yang tidak tahu," kata Jokowi.

Kekhasan Islam Indonesia yang moderat menurut Jokowi membuat umat Islam Indonesia sering menjadi penengah saat ada konflik umat Islam di dunia.‎

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up