JawaPos Radar

10 Hari Jelang Asian Games 2018

Dishub DKI Siapkan 425 ‘Moge’ dan Ribuan Kendaraan

08/08/2018, 16:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Dishub DKI Siapkan 425 ‘Moge’ dan Ribuan Kendaraan
Moge (Motor Gede) milik Dishub DKI Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dalam 10 hari ke depan, Jakarta akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Seluruh persiapan terus dikebut, salah satunya yakni sarana transportasi milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, ratusan kendaraan roda dua sudah mulai dikerahkan. Beberapa di antaranya berasal dari pengadaan baru, dengan rincian motor bertenaga 250 cc sebanyak 177 unit, 650 cc sebanyak 34 unit, dan 1.600 cc yang berjumlah dua unit.

“Untuk mendukung kegiatan Asian Games, Dinas Perhubungan dalam hal ini mengadakan pengadaan KDO (Belanja Sewa Sarana Mobilitas Darat),” ujar Andri setelah apel kesiapan transportasi di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Terhitung ada 213 unit motor besar atau moge yang baru. Jika dijumlahkan dengan kendaraan lama, maka keseluruhan kendaraan yang dipakai nantinya mencapai 425 unit.

Tak hanya roda dua, Dishub juga menyiapkan mobil derek yang akan ditempatkan pada sejumlah titik ruas jalan. “Kita juga melakukan pengadaan mobil derek sebanyak 45. Jadi mobil derek yang ada sekitar 45 tambah 47,” sebutnya.

Untuk mendukung mobilitas atlet, ofisial, dan tamu negara, pihaknya juga menyewa kendaraan sebanyak 1.038 unit yang terdiri dari jenis Mercy, Kijang Inova, Hiace dan mobil box. Mobil box tersebut nantinya dipakai untuk mengangkut peralatan dan barang-barang para atlet. 

Pengadaan juga dilakukan terhadap bus sekolah sebanyak 50 unit dari jumlah total yang ada 120 unit untuk mengangkut siswa menonton Asian Games. 

Ada juga 300 bus Transjakarta, dan tambahan sebanyak 50 unit untuk mobilisasi atlet dan ofisial. Bagi masyarakat umum, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 1.750 bus gratis yang beroperasi saat hari libur dan hari Minggu. 

Sementara itu, Andri juga menerjunkan petugas yang siap mengatur lalu lintas saat atlet dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue-venue. Petugas Dishub juga akan ditempatkan pada titik-titik yang diberlakukan sistem ganjil genap dan buka tutup tol dalam kota.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up