JawaPos Radar

Hasil Evaluasi Ganjil Genap,

Kecepatan Kendaraan dan Penumpang Bus TJ Meningkat

08/08/2018, 15:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kecepatan Kendaraan dan Penumpang Bus TJ Meningkat
Ilustrasi sistem ganjil genap. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sepekan menerapkan kebijakan ganjil genap di 13 ruas jalan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan pribadi dan mengurai kemacetan dalam rangka penyelenggaraan Asian Games 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah mengklaim adanya peningkatan kecepatan kendaraan selama ganjil genap berlaku. Sehingga, masyarakat dapat menempun perjalanan dengan waktu yang lebih singkat dibanding sebelumnya.

“Perbandingannya satu minggu sebelum dan satu minggu setelah (ganjil genap). Di situ ada peningkatan kecepatan rata-rata 30 persen. Waktu tempuh juga ada sekitar delay dalam arti kata lebih cepat, jadi ada penurunan, sekitar 25-30 persen,” ujarnya di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Namun, dia belum dapt memastikan penurunan kendaraan pribadi yang datang ke ibu kota. “Kalau volume (kendaraan) kami belum melakukan pendataan. Tapi yang kita lakukan evaluasi itu kecepatan, waktu tempuh, dan keterangkutan penumpang,” terang Andri.

Menurutnya, sebelum ganjil genap dilaksanakan, kecepatan kendaraan roda empat probadi paling cepat hanya 20 kilometer per jam. Bahkan, saat simulasi perjalanan atlet dan ofisial dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Gelora Bung Karno (GBK) didapatkan hasil bahwa mereka sampai kurang dari 30 menit.

“Biasanya sekitar 15-20 km per jam, sekarang hampir sekitar 25-30 km per jam, tetapi memang yang di ruas ganjil genap saja,” pungkasnya.

Sementara itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga merilis data pada hari keenam implementasi perluasan pembatasan kendaraan ganjil genap dengan penilangan maksimal. Menurutnya, pemberlakuan sistem itu berdampak pada kenaikan jumlah pelanggan bus Transjakarta.

"Jumlah pelanggan Transjakarta pada Senin (6/8) mencapai 616.744, naik hampir 34 ribu dibandingkan Senin sebelumnya (30/7)," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono, Selasa (7/8).

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up