JawaPos Radar

Diprediksi Terus Bertambah, Korban Tewas Gempa Lombok Jadi 131 Orang

08/08/2018, 15:20 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Diprediksi Terus Bertambah, Korban Tewas Gempa Lombok Jadi 131 Orang
Ilustrasi korban gempa Lombok. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Korban gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir pekan lalu semakin bertambah. Kini jumlahnya menjadi 131 orang meninggal dunia.

"Data yang kami himpun sementara ini sebanyak 131 orang meninggal dunia. Jumlah ini akan terus bertambah," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Rabu (8/8).

Kata dia, ratusan orang yang meninggal dunia, semuanya berkewarganegaraan Indonesia. Dia merinci, 78 orang ditemukan di Kabupaten Lombok Utara, 24 di Kabupaten Lombok Barat, 19 di Kabupaten Lombok Timur, 6 di Kota Mataram, 2 di Kabupaten Lombok Tengah, dan 2 orang di Denpasar.

Selain korban meninggal dunia, sebanyak 1.477 orang mengalami luka berat akibat kejadian ini. Lalu 156.003 orang masih mengungsi. "Dari catatan kita juga sebanyak 42.239 unit rumah dan 458 bangunan sekolah mengalami kerusakan," tutur Sutopo.

Upaya pencarian terus dilakukan. Artinya korban kemungkinan terus bertambah. "Untuk korban yang mengalami luka ringan atau hanya berobat jalan, masih belum dapat didata karena jumlahnya yang sangat banyak," tambah Sutopo.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up