JawaPos Radar

Di Sumbar, Jokowi Berkurban Sapi Seberat 1,8 Ton

08/08/2018, 14:33 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) kembali menyumbangkan hewan kurban di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini berupa sapi jenis Semental yang beratnya mencapai 1,8 ton.

"Ya, tahun ini kami kembali dapat sumbangan sapi kurban dari Presiden. Beratnya saat survei awal 1,8 ton," terang Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar M Kamil di Padang, Rabu (8/8).

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar hanya menfasilitasi pmilihan sapi yang akan disumbangkan Presiden Jokowi. Tahun ini, ada tiga ekor sapi yang diusulkan. Masing-masing dari Kabupaten Agam, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar.

Pekan lalu, Kamil sudah menggelar rapat dengan Sekretariat Negara di Jakarta. Setelah melihat foto sapi yang diusulkan, Sekretariat Negara tampaknya lebih sepakat dengan sapi yang berasal dari Tanah Datar.

"Tahun lalu dari Agam. Kemungkinan besar tahun ini, sapi kurban Jokowi berasal dari Tanah Datar. Jenis sapinya Semental dan sudah kami survei," jelas Kamil.

Rencananya, tim Sekretariat Negara atang ke Sumbar pada 10 Agustus mendatang. Tujuannya untuk langsung melakukan pembayaran kepada pemilik sapi. Adapun harganya sekitar Rp 75 jutaan. "Tentu kami carikan pilihan sapi terbaik, Karena ini juga menyangkut prestasi daerah," tutur Kamil.

Pada 2016, Jokowi mengurbankan satu ekor sapi dengan berat 1,2 ton yang juga jenis Semental. Kemudian 2017, berat sapi sumbangan Jokowi yang berasal dari Kabupaten Agam justru turun dan tidak sampai 1 ton.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up