JawaPos Radar

Selamatkan Dapil, NasDem Jatim Paksa 2 Bacaleg Mundur

08/08/2018, 13:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pileg 2019
Ilustrasi Pemilu. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Timur (Jatim) terancam kehilangan daerah pemilihan (dapil) di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Penyebabnya adalah tidak terpenuhinya kuota 30 persen bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan.

Tapi kini, satu dapil yang terancam hangus telah berhasil diselamatkan. Caranya dengan memaksa mundur dua bacaleg laki-laki yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim.

Sekretaris DPW Partai NasDem Jatim Muhammad Aminumrochman mengungkapkan, 2 bacaleg yang mundur itu untuk dapil 8 yang meliputi Kediri dan Blitar. Sebelumnya ada 6 bacaleg. Tapi lantaran ada satu bacaleg perempuan yang tidak memenuhi syarat, maka dua bacaleg laki-laki manyatakan mundur.

"Sudah selesai, yang laki mundur. Karena sesuai ketentuan kuota perempuan 30 persen. Jadi sekarang ada 2 laki-laki dan 1 peremapun," kata Aminumrochman kepada JawaPos.com di Surabaya, Rabu (8/8).

Komisioner Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto membenarkan mundurnya dua bacaleg dari Partai NasDem. "NasDem berpotensi selamat dengan strategi pengunduran diri itu," ucap Arbayanto saat dikonfirmasi terpisah.

Menurut Arbayanto, bacaleg perempuan yang tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran tidak cukup usia semua berada pada nomor urut 3. Sedangkan nomor urut 4 diisi bacaleg perempuan yang dinyatakan memenuhi syarat (MS).

"Yang mundur itu sebetulnya MS. Tapi kalau tidak mundur, ya hangus semua. Jadi perempuan yang semula nomor 4, naik ke atas menjadi nomor 3," terang Arbayanto.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up