JawaPos Radar

Pertama Kali, Pakistan akan Miliki Anggota Parlemen Keturunan Afrika

09/08/2018, 05:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pakistan akan Miliki Anggota Parlemen Keturunan Afrika
Mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang merekomendasikan Qambrani ke kursi khusus perempuan di parlemen daerah Provinsi Sindh Selatan (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Setelah berabad-abad menjadi kaum minoritas dan sebagian besar warganya miskin, kini Pakistan akan memiliki anggota parlemen keturunan Afrika yang pertama. Tanzeela Qambrani, 39 tahun, dicalonkan oleh Partai Rakyat Pakistan (PPP) sebagai anggota parlemen keturunan Afrika pertama.

Mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang merekomendasikan Qambrani ke kursi khusus perempuan di parlemen daerah Provinsi Sindh Selatan. Selama ini kaum Sidi etnis Afrika merupakan kaum minoritas dan berada di bawah garis kemiskinan sering dianggap sebelah mata.

Dengan dicalonkannya Qambrani bulan lalu diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif Sidi yang mayoritas berada di daerah pesisir Makran dan Sindh.

Pakistan akan Miliki Anggota Parlemen Keturunan Afrika
Setelah berabad-abad menjadi kaum minoritas dan sebagian besar warganya miskin, kini Pakistan akan memiliki anggota parlemen keturunan Afrika yang pertama (Reuters)

"Sebagai minoritas kecil yang hilang di tengah-tengah populasi lokal, kami telah berjuang untuk mempertahankan akar dan ekspresi budaya Afrika kami. Namun saya menantikan hari ketika nama Sidi akan membangkitkan rasa hormat, bukan penghinaan," kata Qambrani seperti dilansir BBC pada Rabu, (8/8).

Qambrani juga termasuk etnis Afrika yang nenek moyangnya datang dari Tanzania. Selain di daerah pesisir Makran dan Sindh, komunitas Sidi juga tinggal di Karnataka, Gujarat, dan Andhra Pradesh di India.

Sejak dahulu, banyak orang Sidi yang dijadikan budak dibawa ke India dari Afrika Timur oleh Portugis. Para sejarawan mengatakan, leluhur mereka juga tentara, pedagang, penyelam mutiara, dan peziarah Muslim.

Diperkirakan ada puluhan ribu kaum Sidi yang berada di Pakistan. Mereka terintegrasi dengan baik tetapi tetap hidup dalam beberapa tradisi Afrika. Termasuk festival tahunan yang memadukan mistisisme Islam, buaya, dan bernyanyi dalam perpaduan Swahili dan bahasa lokal yang disebut Baluchi.

Kaum Sidi mendominasi distrik Lyari di Karachi dan telah menjadi pendukung setia PPP, yang kini diketuai oleh putra Benazir Bhutto, Bilawal Zardari Bhutto.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up