JawaPos Radar

Hindari Masalah Kulit Pada Pria dengan Langkah Sederhana

08/08/2018, 13:11 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
kulit berminyak, cara arasi kulit berminyak, perawatan kulit pria,
Pria juga alami kulit berminyak seperti perempuan. (menscare)
Share this

JawaPos.com - Berbeda dengan perempuan, kondisi kulit pria cenderung berminyak dengan pori-pori besar. Tentunya kulit menjadi rentan terhadap infeksi kuman dan jamur. Sehingga akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti berjerawat dan noda hitam.

Diungkapkan Dokter Kulit, dr. Roger Aruan Sp.KK, secara anatomis kulit pria dewasa akan memproduksi lebih banyak minyak. Kelenjar minyak tiap orang tentunya berbeda. Namun biasanya dipengaruhi oleh tingkat keaktifan, kekebalan tubuh, dan faktor genetik.

"Sebenarnya pria cenderung lebih simpel soal masalah kulit. Sebab hormonnya lebih stabil dan less chemical atau tidak banyak tertempel make-up," ungkap dr. Roger kepada JawaPos.com usai menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Untuk pria yang aktif secara seksual biasanya memiliki pori-pori lebih lebar. Efeknya jika tak rajin dibersihkan, maka kulit jadi mudah berjerawat, komedo, dan terkena iritasi lainnya.

"Memang dalam tahap tertentu kelenjar minyak ini tidak masalah, karena bisa untuk proteksi tubuh kita. Tapi kalo udah melebar secara estetika jelek, jadi lubang untuk kuman masuk. Lama-lama bikin infeksi dan jamur," lanjutnya.

Selain itu, pengaruh gaya hidup yang tidak sehat serta faktor polusi dan paparan sinar UV, juga akan memperburuk kondisi kulit. Oleh sebab itu, kaum adam harus mulai sadar dan peduli untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya dengan rutin.

Langkah perawatan kulit pria pun cukup sederhana. Cukup selalu cuci muka sesudah aktivitas. Bisa menggunakan facial wash atau deep cleanser yang disesuaikan dengan kecocokan jenis kulit masing-masing.

"Prinsipnya rajin membersihkan wajah dengan rutin, minimal cuci muka dua kali sehari. Produknya yang sesuai dengan masalah kulit, misalnya jerawat atau kulit sensitif. Tapi less chemical lebih baik," pungkasnya.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up