JawaPos Radar

Menilik Aplikasi Si BETAH, Masuk Sekolah Polisi Negara Dijamin Gratis

08/08/2018, 12:16 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Polda Sumut
Isak tangis para orangtua siswa saat pelepasan anaknya menjadi siswa SPN. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Isak tangis mewarnai pelepasan Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai pada Selasa (7/8) kemarin. Para orang tua memeluk erat anak mereka yang berhasil diterima di sekolah. Terlebih, penerimaan para siswa ini jauh dari Pungutan Liar (Pungli) yang kerap terjadi.

Sejumlah orang tua siswa mengaku memang tidak sedikit pun mengeluarkan uang. Dalam penerimaannnya, Polda Sumut memakai aplikasi Si BETAH (Sistem Informasi Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis)

Salah satu orang tua siswa, P. Siregar asal kota Medan menyebut, sejak pertama kali anaknya mengikuti seleksi penerimaan Polisi, dirinya hanya mengeluarkan uang transportasi, yang digunakan anaknya. Sedangkan untuk urusan menjamin kelulusan anaknya, dirinya hanya megandalkan kemampuan sang anak, tanpa mengeluarkan uang satu rupiah pun.

Polda Sumut
Aplikasi ini semakin meminimalisir adanya calo dalam penerimaan polri. Sehingga benar-benar berdasarkan kemampuan calon anggota. Karena seluruh prosesnya menggunakan online. (Istimewa)

"Aplikasi Si BETAH sangat membantu, semua bersih dan transparan. Modal kami, hanya kemampuan anak kami saja. Kalau uang, sama sekali tidak ada kami setor kemanapun," ujarnya, Rabu (8/8).

Di tahun pendidikan 2018, terdapat 294 siswa polisi yang dinyatakan lulus dan akan mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) selama 7 bulan. Dari 294 siswa, 1 diantaranya mengikuti pendidikan di SPN Sulawesi Selatan, sedangkan 293 lainnya akan mengikuti pendidikan di SPN Polda Sumut Hinai.

Diktukba dibuka oleh Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw. Saat pembukaan, sejumlah Bupati dan Wali Kota dari berbagai daerah di Sumatera Utara, turut hadir dalam pembukaan Diktukba.

"Kita sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung keberadaan SPN Polda Sumut Hinai ini, semoga adik-adik kita yang dididik disini, menjadi polisi terbaik, yang kita miliki," sebut Irjen Paulus Waterpauw, Kapolda Sumut.

Aplikasi Si BETAH di-launching pada Maret 2017 lalu. Saat itu Irjen Rycko Amelza Dahniel yang menjabat Kapolda Sumut. Aplikasi berbasis android ini memberikan informasi terkait pendaftaran calon anggota polri.

Aplikasi ini semakin meminimalisir adanya calo dalam penerimaan polri. Sehingga benar-benar berdasarkan kemampuan calon anggota. Karena seluruh prosesnya menggunakan online.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up