JawaPos Radar

Razia di Rutan Solo, Petugas Temukan Semen

08/08/2018, 11:53 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Senjata Tajam
SAJAM: Puluhan sajam diamankan tim gabungan saat razia di Rutan Kelas IA Solo, Rabu (8/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Puluhan senjata tajam (Sajam) berhasil diamankan dari kamar narapidana narkoba di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA, Solo. Sajam terdiri dari berbagai jenis. Seperti pisau, silet, dan jenis sajam lainnya yang kebanyakan buatan sendiri. Selain Sajam, tim gabungan dari Ditreskoba Polda Jawa Tengah (Jateng), BNN, BNK, polres dan rutan juga menemukan semen yang terbungkus kresek hitam.

Kabag Bin Ops Ditreskoba Polda Jateng AKBP Djoko Tjahjono menjelaskan, setidaknya ada 173 narapidana narkoba yang diperiksa saat razia. Tetapi petugas tidak menemukan narkoba. Melainkan barang-barang lain yang tidak ada hubungannya dengan narkotika.

Hasil temuan itu akan menjadi bahan evaluasi yang selanjutnya diserahkan kepada petugas Rutan Solo. "Pemeriksaan ini khusus untuk narkoba. Hasilnya tidak ada kaitannya dengan narkoba. Kami serahkan hasilnya untuk ditindaklanjuti internal rutan," urai Djoko usai melakukan penggeledahan, Rabu (8/8).

Menanggapi banyaknya temuan sajam, Kepala Rutan Kelas IA Solo Muhammad Ulin Nuha tidak begitu terkejut. Temuan serupa sudah sering tejadi setiap kali razia dilakukan. Baik yang melibatkan Polresta Solo maupun polsek.

Ulin menegaskan, warga binaan di dalam Rutan adalah masyarakat yang berkonflik. "Makanya razia sengaja dilakukan. Selama ini kami dengan polres dan polsek. Alhamdulillah juga selalu menemukan seperti ini (sajam)," urainya.

Sementara mmengenai adanya semen di kamar narapidana, kemungkinan akan digunakan warga binaan untuk memperbaiki kamar. "Mungkin untuk memperbaiki kamar," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up